nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ini MKD Bakal Bahas Polemik Andre Rosiade Gerebek PSK

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 12 337 2167048 hari-ini-mkd-bakal-bahas-polemik-andre-rosiade-gerebek-psk-vdX60f8Mcc.jpg Andre Rosiade (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI sudah menerima laporan dugaan pelanggaran kode etik Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosiade terkait penggerebekan Pekerja Seks Komersil (PSK) di Padang, Sumatera Barat. Rencananya, MKD akan membahas polemik penggerebekan Andre Rosiade itu hari ini, Rabu (12/2/2020).

"(Laporannya) sudah masuk. Besok (hari ini) dibicarakan. Kebetulan besok (hari ini) MKD ada kegiatan, sekaligus kita bicarakan. Percayalah, insya Allah kita obyektif," kata Anggota MKD DPR Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan saat dikonfirmasi Okezone, Selasa, 11 Februari 2020, malam.

Menurut Arteria, proses dugaan pelanggaran etik Andre Rosiade tergantung pada kecukupan syarat formil dan materiil laporan itu. Jika, laporannya sudah mencukupi persyaratan, maka MKD bisa langsung menggelar pemeriksaan lewat rapat permusyawaratan mahkamah.

"Kalau (laporannya) memenuhi syarat formil dan material, dapat langsung disepakati untuk diperiksa dalam rapat permusyawaratan mahkamah. Biasanya tidak membutuhkan waktu lama. Paling lambat dua minggu terhitung sejak pemeriksaan perkara pertama," bebernya.

Andre

Baca Juga: Majelis Kehormatan Gerindra Panggil Andre Rosiade soal Jebakan PSK

Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, MKD nantinya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan pihak-pihak yang terkait dalam laporan. Hal itu, untuk menyimpulkan ada tidaknya pelanggaran etik oleh Andre Rosiade sebagai Anggota DPR.

"Kami juga akan mencermati beberapa fakta yang dihadirkan. Belum lagi memeriksa saksi-saksi dan mendengar keterangan pihak terkait. Bahkan kalau dibutuhkan persidangan terbuka, kita akan lakukan sebagaimana pernah dilakukan sebelumnya," ujarnya.

Sekadar informasi, Andre Rosiade dilaporkan oleh Jaringan Aktivis (JARAK) ke MKD DPR karena diduga telah melanggar kode etik sebagai anggota dewan. Pelanggaran kode etik itu diduga terkait penggerebekan PSK di Kota Padang, beberapa waktu lalu.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini