nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggap Bencana, BNPB Luncurkan Platform Petabencana.id

Selasa 11 Februari 2020 16:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 11 337 2166830 tanggap-bencana-bnpb-luncurkan-platform-petabencana-id-HKAZnmJtIn.JPG Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo di acara peluncuran platform petabencana.id (Foto: Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan platform Petabencana.id secara nasional sebagai wujud kesiapsiagaan terhadap bencana. Peluncuran ini dibuka langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo.

Menurut Doni, program ini nantinya akan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam menyebarkan dan memberikan informasi terkait bencana, terutama masalah banjir sehingga bisa mengurangi risiko bencana.

“Tidak mungkin pemerintah melakukan sendiri dalam menginformasikan kepada masyarakat. Tetapi peran serta mereka dalam memberikan informasi sangat penting,” ucap Doni Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (11/2/2020).

Selain memberikan informasi mengenai banjir, Doni pun berharap masyarakat untuk berpartisipasi pada saat terjadi curah hujan tinggi, terutama di bagian hulu.

"Sehingga saudara-saudara kita yang di hilir sudah siap tak terkena banjir bandang. Sehingga enggak lagi terjadi masyarakat terlambat keluar lokasi banjir," paparnya.

Kepala BNPB Doni Monardo

Sekadar diketahui, sejak tahun 2013, Petabencana.id sudah digunakan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) serta kota besar lain seperti Kota Bandung, Semarang dan Surabaya.

Selanjutnya, BNPB juga berharap kalau platform tersebut akan berkembang, sehingga mekanisme laporan denganmenyertakan laporan bencana lain, termasuk gunung api, gempa bumi, angin kencang, dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini