nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri Tegaskan Penerbitan SIM, STNK, dan BPKB Tetap Dikelola Polri

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 15:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 11 337 2166773 kapolri-tegaskan-penerbitan-sim-stnk-dan-bpkb-tetap-dikelola-polri-NDF2SHBqzc.JPG Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis memastikan pengelolaan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hingga Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) akan tetap berada di bawah Polri dan tidak berpindah ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Idham mengaku telah bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya untuk membahas hal tersebut. Hasil pertemuan itu, Kemenhub dan Polri menegaskan tak ada perpindahan pengelolaan.

"Saya sudah duduk bicara ketika ratas (rapat terbatas-red) dengan Menhub Budi Karya. Intinya tidak ada wacana itu. Tetap pengelolaan SIM, STNK, dan BPKB di tangan Polri," kata Idham di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/2/2020).

Menurut Idham, sejauh ini wacana yang berkembang yaitu Kementerian Perhubungan bakal mengambil peran dalam mengelola terminal dan jembatan timbang. Dia menyampaikan akan mengkaji bersama dengan Kementerian Perhubungan.

"Kami sudah siapkan tim kajian, dari Kemenhub juga menyiapkan tim kajian dan nanti akan duduk bersama," ujar Idham.

Sebagaimaa diketahui, Revisi Undang-Undang (RUU) No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2020. Dalam pembahasan itu, salah satu yang menjadi sorotan adalah adanya rencana pengalihan penerbitan SIM, STNK dan BPKB dari Polri ke Kemenhub.


Baca Juga : RUU Lalin Masuk Prolegnas, Pengalihan Pengurusan SIM & STNK ke Kemenhub Jadi Sorotan

Selama ini proses soal kebijakan surat berkendara berada di naungan Polri di bawah Korps Lalu Lintas (Korlantas) sehingga wacana pengalihan SIM, STNK dan BPKB pun menjadi ramai diperbincangkan.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini