Polri: Kalau Harun Masiku Sudah Ditangkap, Kami Serahkan ke KPK

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 11 Februari 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 11 337 2166729 polri-kalau-harun-masuki-sudah-ditangkap-kami-serahkan-ke-kpk-gP265Vdnlt.jpg Brigjen Argo Yuwono (Okezone)

JAKARTA – Polri masih mencari keberadaan bekas caleg PDI Perjuangan yang kini jadi buronan KPK, Harun Masiku. Jajaran kepolisian di daerah sudah bergerak untuk menangkap tersangka kasus suap pemulusan proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, polisi sudah mencari Harun Masiku ke berbagai lokasi yang dicurigai termasuk tempat saudaranya, tapi belum ditemukan. Pencarian masih terus berlangsung.

"Nanti kalau misalnya dia sudah ditangkap, kita serahkan kepada KPK," kata Argo saat ditanya wartawan soal progres pencarian Harun Masiku di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (11/2/2020).Harun Masiku

Harun Masiku lolos dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang digelar pada 8-9 Januari 2020. Saat itu beredar kabar Harun lolos karena pergi keluar negeri dua hari sebelum OTT. Namun, kenyataannya dia sudah kembali ke Indonesia pada 7 Januari melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Baca juga: KPK Cecar Wahyu Setiawan soal Harun Masiku

KPK sempat mendeteksi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, jejaknya hilang saat hendak ditangkap.

KPK sudah memasukkan Harun Masiku dalam list buronan atau daftar pencarian orang (DPO). Imigrasi diminta mencegah Harun Masiku bepergian ke luar negeri.

Argo mengatakan Polri senantiasa membantu KPK mencari Harun Masiku. Foto-foto Harun Masiku sudah disebar ke seluruh jajaran kepolisian daerah.

"Kita masih menunggu daripada tingkat polres maupun polda-polda wilayah sejauh mana. Apakah sudah menemukan atau belum hingga saat ini kita masih menunggu dari wilayah," ujar Argo.

Sementara Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan pimpinannya sudah memerintahkan tim untuk terus mencari Harun Masiku.

Harun Masiku belum terciduk meski KPK dan Polri sama-sama sudah mencari. Tapi, Ali mengatakan, tak ada kendala dalam pencarian.

"Tidak ada kendala, karenakan belum tahu dia ada dimana kalau ada ya langsung tangkap,” katanya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini