nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelombang hingga 4 Meter Berpotensi Terjadi di Sejumlah Perairan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 07:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 11 337 2166462 gelombang-hingga-4-meter-berpotensi-terjadi-di-sejumlah-perairan-Ygy1qC9J5D.jpg ilustrasi

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di sejumlah perairan di Indonesia pada 8-13 Februari 2020.

"Gelombang dengan tinggi 2.5 - 4.0 meter (Rough Sea) berpeluang terjadi," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan resminya yang dikutip Okezone, Selasa (12/2/2020).

Gelombang tersebut kata dia berpotensi terjadi di sejumlah perairan yakni di Perairan Utara Kepulauan Anambas, Kepulauan Natuna, Perairan Enggano, Bengkulu.

"(Kemudian) Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai, hingga Selatan Banten," ungkapnya.

Selain itu tambah Dwikorita, pihaknya juga mengimbau potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di berbagai wilayah Indonesia.

Seperti di wilayah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, JawaTengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat.

Baca Juga : Sistem Peringatan Dini Bencana di YIA Bakal Dimaksimalkan

Kemudian, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini