Wakil Wali Kota Depok Ingatkan Pejabat Pemkot Wajib Kooperatif dengan Wartawan

Wahyu Muntinanto, Okezone · Senin 10 Februari 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 337 2166353 wakil-wali-kota-depok-ingatkan-pejabat-pemkot-wajib-kooperatif-dengan-wartawan-FAi9j3Ff0O.jpg Gelaran Hari Pers Nasional di Depok (Foto: Okezone/Wahyu)

DEPOK - Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke-74, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok menggelar syukuran di kantornya Jalan Melati Raya, Pacoranmas, pada Senin (10/2/2020). Kegiatan HPN ini turut dihadiri oleh Wali Kota Depok Idris Abdul Somad dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengingatkan kepada jajaran pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk kooperatif kepada wartawan.

"Kewajiban pejabat melayani wartawan tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 68 Tahun 2004 tentang tata cara keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah dan PP Nomor 71 Tahun 2004, tentang tata cara keikutsertaan masyarakat dalam pemberantasan korupsi," kata Pradi usai menghadiri perayaan HPN, Senin (10/2/2020).

Wakil

Baca Juga: Hari Pers Nasional 2020, Bamsoet: Kekuatan Pers Tetap Signifikan & Sulit Tergantikan

Dia mengaku, PP tersebut salah satu regulasi kewajiban semua pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyampaikan informasi kepada wartawan yang menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintah.

"Respons terhadap wartawan harus dimiliki setiap pejabat. Dengan respons itu, kineja semua pejabat dapat diukur melalui koreksi yang dipublikasi wartawan," jelasnya.

Sebagai orang nomor 2 di Kota Depok, Pradi menegaskan kepada seluruh pejabat pemerintah di bawahnya agar selalu siap menerima konfirmasi wartawan baik secara langsung atau melalui telepon.

Tuntunya hubungan antara wartawan dengan pejabat di Kota Depok untuk menyampaikan berbagai program pemerintah daerah yang sedang ditanganinya.

Menurutnya, keterbukaan dan transparansi publik perlu dilakukan, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih berkembang dan berkelanjutan, cepat teratasi, maka hasilnya setiap elemen masyarakat bisa merasakan hadirnya peran pemerintah di tengah masyarakat kapanpun dan dimanapun.

"Saya harapkan agar semua pejabat OPD jangan abai jika ditelepon wartawan. Karena peran wartawan sangat penting untuk mengonfirmasi sesuatu, makanya pejabat daerah harus siap ditelepon," imbunya.

Sebelumnya diketahui, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pejabat pemerintah harus siap ditelepon oleh wartawan 24 jam untuk menyampaikan berbagai program pembangunan tingkat pusat hingga daerah.

"Karena peran pers sangat penting untuk menjadi penyampai pesan berbagai program kerja pemerintah pusat dan daerah," katanya pada pembukaan seminar bertajuk "Best Practices Kepemerintahan yang Baik" kata Tjahjo dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, belum lama ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini