nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diuji Kelayakan di DPP PDIP, Gibran-Purnomo-Teguh Ingin Solo Lebih Baik

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 10 337 2166279 diuji-kelayakan-di-dpp-pdip-gibran-purnomo-teguh-ingin-solo-lebih-baik-KeuUNMAr8V.jpg Panelis fit and proper test Puan Maharani bersama bakal calon wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Teguh Prakosa, dan Achmad Purnomo (Foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan, ada tiga bakal calon wali kota Solo yang mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan. Ketiganya yakni, Achmad Purnomo, Teguh Prakosa dan Gibran Rakabuming Raka.

Puan yang bertindak sebagai panelis fit and proper test menuturkan, fit and proper test dilakukan untuk melihat visi misi dan komitmen kandidat bakal calon wali kota Solo yang akan diusung PDIP. Ketiga bakal calon itu, kata Puan, pada intinya menginginkan Solo menjadi kota yang lebih baik.

"Tadi intinya adalah kemudian bagaimana Solo itu bisa menjadi kota yang lebih baik, berkebudayaan. Kemudian, menjaga saling toleransi. Kemudian, membuka diri yang paling penting adalah berkomunikasi di antara warga dan tokoh-tokoh yang ada di Solo," ujarnya di DPP PDIP, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Baca Juga: Gibran : Jika Tak Dapat Rekomendasi Sekalipun, Saya Tetap Setia PDIP

Puan menambahkan, setiap calon yang mendaftar ke PDIP untuk berkontestasi di Pilkada serentak 2020 pasti akan dipanggil untuk melakukan fit and proper test guna mengetahui visi dan misi hingga komitmennya kepada partai.

"Ditanya terkait dengan visi atau komitmennya (para calon) kalau nanti kemudian mendapat rekomendasi dari Ketua Umum PDIP bagaimana apa yang akan dilakukan untuk daerah atau wilayahnya yang nanti akan ikut pilkada. Yaitu kan biasa," kata Puan.

Gibran, Purnomo, dan Teguh Foto: Fakhrizal Fakhri

Diketahui, Puan dan Djarot Saiful Hidayat didapuk menjadi panelis dalam fit and proper test bakal calon kepala daerah. Menurut Puan, sebelum fit and proper test para bakal calon yang diusung PDIP telah terlebih dahulu melakukan mekanisme berjenjang mulai dari tingkat DPC, DPD, hingga DPP PDIP.

"Hasilnya yang akan memutuskan adalah masukkan yang tadi secara berjenjang disampaikan kepada ketua umum dan kemudian akan diputuskan oleh ketua umum melalui partai," ujarnya.

Baca Juga: Sebelum Fit and Proper Test, Gibran-Achmad Purnomo Disuguhi Pecel dan Sambal Terasi

PDIP akan secepatnya memutuskan siapa yang akan mendapat rekomendasi PDIP di Pemilihan Wali Kota Solo (Pilwalkot) Solo. Puan menepis proses penjaringan bakal calon wali kota Solo berlangsung panas.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini