nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Banjir, 24 Wilayah Ini Berpotensi Hujan hingga 13 Februari

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 17:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 10 337 2166253 waspada-banjir-24-wilayah-ini-berpotensi-hujan-hingga-13-februari-oy7Z2703hu.jpg Banjir di Petamburan, Jakarta Pusat, awal Januari 2020 (Okezone.com/Fahreza)

JAKARTA – Sedikitnya 24 wilayah di Indonesia bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam tiga hari ke depan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan bencana yang bisa ditimbulkan akibat cuaca tersebut.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi ancaman bahaya, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir,” kata Agus Wibowo, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/2/2020).

BMKG merilis prakiraan curah hujan harian dengan intensitas sedang sampai lebat berpeluang terjadi di 24 wilayah hingga 13 Februari 2020.hujan

Ilustrasi (Okezone)

Adapun ke 24 wilayah tersebut adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Pada 8 Februari lalu, BMKG juga merilis berdasarkan analisis spasial distribusi curah hujan, perkembangan musim hujan hingga akhir Januari lalu, sudah 99 persen wilayah Indonesia memasuki musim hujan. Hanya 1 persen wilayah Indonesia masih mengalami musim kemarau.

Beberapa wilayah yang sudah memasuki musim hujan meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali, NTB, sebagian NTT, Pulau Kalimantan, sebagian besar Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Barat, sebagian besar Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BNPB meminta masyarakat terus memantau informasi prakiraan cuaca maupun kewaspadaan yang dikeluarkan oleh BMKG, BNPB dan BPBD.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini