nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WNI Negatif Virus Korona, Kemenkes: Kalau Suspect Tidak Boleh Melintas Antarnegara

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 11:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 10 337 2166006 wni-negatif-virus-korona-kemenkes-kalau-suspect-tidak-boleh-melintas-antarnegara-tBkQb0lJAl.jpg Ilustrasi penumpang lintas negara. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Pihak Kementerian Kesehatan menegaskan enam warga negara Indonesia (WNI) yang baru saja pulang dari Singapura melalui Pelabuhan Batam, Provinsi Kepulauan Riau, tidak ada kaitannya dengan virus korona.

Dijelaskan, jikalau keenam WNI itu dinyatakan suspect virus korona, pasti tidak diperkenankan melakukan perjalanan lintas negara.

Baca juga: 6 WNI Dikabarkan Sakit Usai Kunjungi Singapura, Kemenkes Bantah Isu Virus Korona 

"Protokol WHO menyatakan bahwa suspect tidak boleh melakukan perjalanan lintas negara," papar Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto dalam keterangan yang diterima Okezone, Senin (10/2/2020).

Dia menerangkan, orang-orang yang berstatus suspect virus korona diketahui sedang sakit dan menunggu hasil pemeriksaan kesehatan dari petugas medis. Sedangkan keenam WNI tersebut kondisi kesehatannya baik-baik saja.

"Suspect adalah orang yang sakit dan sedang menunggu hasil tes, sehingga enam orang tersebut tidak mungkin dalam status suspect," tegasnya.

Baca juga: Waspada Penyebaran Virus Korona, Petugas Pelabuhan Periksa Bawang Putih dari China 

Yurianto menambahkan, Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) beserta Dinas Kesehatan Tanjungpinang telah menemui keenam WNI yang dimaksud. Hasilnya tidak ditemukan tanda-tanda gangguan kesehatan.

"Semua orang atau pelaku perjalanan yang disebut dalam laporan tersebut dapat ditemui, dianamnesis dan diperiksa. Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan demam dan tidak sesak napas," tegasnya.

Sebelumnya dikabarkan Kantor Imigrasi Batam, Kepulauan Riau, menerima informasi dari Kementerian Kesehatan dan Otoritas Karantina Singapura bahwa ada enam WNI dari Singapura yang sedang sakit dan berstatus terduga (suspect) virus korona.

Mereka disebut keluar dari Singapura dan pulang menuju Indonesia melalui Pelabuhan Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Namun, hal ini dinyatakan tidak benar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca juga: 5 Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Korona ala Kemenakertrans 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini