nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 10 Februari: Pesawat Mata-Mata AS Ditembak Jatuh

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 06:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 10 337 2165897 peristiwa-10-februari-pesawat-mata-mata-as-ditembak-jatuh-B6slf13IDh.jpg ilustrasi

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting terjadi pada 10 Februari dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa di antaranya masuk ke dalam catatan sejarah dunia. Salah satunya meninggalnya 'bapak' trias politika, Montesquieu hingga pesawat mata-mata AS ditembak jatuh di Soviet.

Berikut ulasan singkat sejumlah persitiwa mendunia yang diringkas Okezone merujuk dari wikipedia:

1755 - Wafatnya Montesquieu

Charles Louis de Secondat atau yang sering dikenal Montesquieu merupakan pemikir politik asal Prancis yang hidup di era pencerahan.

Ia terkenal dengan teorinya mengenai pemisahan kekuasaan yang banyak disadur pada diskusi-diskusi mengenai pemerintahan dan diterapkan pada banyak konstitusi di seluruh dunia. Ia memegang peranan penting dalam memopulerkan istilah 'feodalisme' dan 'Kekaisaran Bizantium.

Montesquieu paling dikenal dengan ajaran Trias Politika (pemisahan kekuasaan negara menjadi tiga yakni eksekutif atau pelaksana undang-undang, legislatif atau pembuat undang-undang, dan yudikatif atau kehakiman atau pengawas pelaksanaan undang-undang.

1258 - Pasukan Mongol Duduki Bagdad

Pasukan Mongol berhasil menduduki sekaligus membumihanguskan Bagdad, yang saat itu dikuasai Kekhalifahan Abbasyiah, setelah mengepungnya selama 12 hari. Sebanyak 10.000 orang tewas dalam peristiwa yang sekaligus mengakhiri kekuasaan Kekhalifahan Abbasiyah di Bagdad itu.

1814 - Pasukan Prancis Kalahkan Rusia

Pasukan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Rusia di Champaubert, Prancis. Di salah satu pertempuran pada masa Perang Koalisi Keenam itu, Rusia harus kehilangan 2.400 sampai 3.000 tentaranya, sedangkan Prancis hanya kehilangan 200 sampai 600 tentaranya, Selain itu, pemimpin pasukan Rusia dalam pertempuran tersebut, Zakhar Olsufiev, ditangkap pihak Prancis.

1943 - Pasukan Jerman-Spanyol Perang dengan Soviet

Pertempuran yang melibatkan pasukan Jerman dan pasukan Spanyol yang melawan Uni Soviet meletus di Krasny Bor, dekat wilayah yang kini disebut Saint Petersburg, Rusia.

Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia II itu berlangsung selama empat hari. Pasukan Jerman dan Spanyol menjadi pemenang dalam pertempuran yang disebut Pertempuran Krasny Bor itu.

1962 - Pesawat Mata-Mata AS Ditembak Jatuh di Soviet

Pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh kala melintasi langit Uni Soviet. Pilot pesawat tersebut, Francais Gary Powers, berhasil selamat meskipun akhirnya ditahan pihak Uni Soviet. Setelah dilakukan perundingan, Uni Soviet bersedia melepaskan Gary setelah pihak AS juga bersedia melepas mata-mata Uni Soviet yang ditahan.

1862 - Angkatan Laut AS Hancurkan Kapal Konfederasi Amerika

Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menghancurkan sekelompok kapal kecil dari pasukan Konfederasi Amerika dalam Pertempuran Elizabeth City di Sungai Pasquotank, Carolina Utara.

Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Saudara AS itu, Konfederasi Amerika harus rela kehilangan empat kapal kecil yang ditenggelamkan, satu kapal yang ditawan, lima tentara yang tewas, dan 34 tentara yang ditahan.

2005 - Korut Umumkan Penundaannya Terkait Program Persenjataan

Korea Utara (Korut) mengumumkan penundaan keikutsertaannya dalam perundingan multinasional untuk membahas program persenjataan. Saat itu juga, Korut secara resmi mengaku sedang mengembangkan senjata nuklir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini