nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngabalin Sebut Pemerintah Perlu Waktu untuk Putuskan Nasib WNI Eks ISIS

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 17:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 09 337 2165749 ngabalin-sebut-pemerintah-perlu-waktu-untuk-putuskan-nasib-wni-eks-isis-Op9NFKFvh7.jpg Ilustrasi Terorisme (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia perlu waktu untuk melakukan pertimbangan dan pengkajian terkait dengan wacana pemulangan 600 warga negara Indonesia (WNI) eks anggota kelompok Islamic State Iraq Suriah (ISIS) dari Timur Tengah ke Tanah Air.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan, berdasarkan keterangan dari BNPT, untuk seorang anak-anak saja dibutuhkan waktu tiga tahun lebih untuk memulihkan idiologinya yang telah terpapar.

"Anak-anak saja saya kasih tahu, menurut keterangan BNPT, itu membutuhkan waktu 3 tahun 8 bulan untuk memulihkan kembali mereka. Menghidupkan kembali ideologi Pancasila, bisa menyanyikan kembali lagu Indonesia itu membutuhkan 3 tahun 8 bulan," kata Ngabalin dalam sebuah diskusi bertajuk 'Menimbang Kombatan ISIS Pulang' di Upnormal Coffe, Jakarta Pusat, Minggu (9/2/2020).

Ngabalin

Baca Juga: Komisi III DPR Dukung Jokowi Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS

Menurut Ngabalin, pemulihan pandangan itupun akan lebih sulit menyasar pada orang dewasa. Apalagi, kata dia, apabila seseorang sudah menggunakan aqidah untuk menentukan bergabung pada ISIS.

"Apalagi ini menyangkut ideologi, menyangkut aqidah," ujar Ngabalin.

Tak hanya itu, Ngabalin berpandangan, para WNI tersebut juga telah menyebut bahwa Indonesia adalah negara kafir dan Thoghut. Sebab itu, mereka telah secara sadar memiliki idiologi dan aqidah terhadap ISIS.

"Kalau orang sudah menyebutkan negara Indonesia itu Thoghut misalnya, itu adalah masalah aqidah. Kalau dia sudah menyebut pemerintahan ini kafir, zalim dan merobek serta membakar paspor, saya bilang ini masalah ideologi. Karena kedua urusan itulah maka yang bisa memulihkannya hanyalah Allah SWT," papar Ngabalin.

Sebelumnya diketahui berdasarkan keterangan dari wikipedia, Thoghut atau Thaghut adalah istilah dalam agama Islam yang merujuk kepada setiap yang disembah selain Allah yang rela dengan peribadatan yang dilakukan oleh penyembah atau pengikutnya, atau rela dengan ketaatan orang yang menaatinya dalam melawan perintah Allah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini