Menpar hingga Gubernur Jabar Meriahkan Bogor Street Festival CGM 2020

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 08 Februari 2020 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 08 337 2165514 menpar-hingga-gubernur-jabar-meriahkan-bogor-street-festival-cgm-2020-tKqLg4pwW8.jpg Bogor Street Festival CGM 2020. (Foto: Putra RA/Okezone)

BOGOR – Ribuan warga memadati gelaran Bogor Street Festival CGM 2020 di Jalan Suryakancana, Kota Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama beserta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, Sabtu (8/2/2020), ribuan warga dari Bogor dan sekitarnya sudah memadati lokasi acara sejak siang. Mereka rela berdesak-desakan hanya untuk dapat melihat penampilan pawai budaya dan kesenian dari Nusantara hingga luar negeri.

Membeludaknya warga yang menonton juga meluas ke Jalan Raya Otista. Akibatnya, lalu lintas kendaraan di jalan tersebut mengalami kemacetan panjang dan mengular sampai Jalan Raya Pajajaran.

Wali Kota Bogor Bima Arya dalam sambutannya mengatakan helaran budaya ini merupakan bukti kerukunan dalam kebersamaan warga di Kota Bogor.

"Hari ini segala rupa manusia adi sini, semua agama, warna ada. Tujuannya juga macam-macam, tapi apa pun tujuan kita di sini untuk merayakan kerukunan dan kebersamaan. Tidak mungkin acara ini ada kalau kita gak rukun," katanya.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai gelaran ini bukan untuk satu kelompok atau golongan, tetapi untuk semua orang demi menjaga kerukunan dan kebersaman di Kota Bogor.

"Ini tahun kedua saya. Saya sangat mencintai Cap Go Meh dalam memelihara kebudayaan. Kita harus menujukan identitas kita dalam kerukunan dalam Bhineka Tunggal Ika. Perbedaan pasti selalu ada, tapi tetap pada Pancasila sila ketiga," ungkap Kang Emil.

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengaku sangat mengapresiasi acara ini. Menurutnya, ini adalah perayaan dalam menghargai perbedaan di Kota Bogor.

"Kota Bogor sangat menghargai perbedaan kepada sesama. Kita tahu, kita lahir semua berbeda-beda, mari kita hargai perbedaan," ungkap Wishnutama.

Selain itu, ia berharap gelaran ini dapat mendongkrak dari segi pariwisata sehingga mengundang wisatawan nasional hingga luar negeri untuk hadir.

"Saya tahu betul, acara seperti ini akan sebagai daya tarik pariwsisata dan salah satu strategi kita ke depan adalah megadakan event-event sebanyak mungkin dan sebagus mungkin di seluruh Indonsia. Oleh karena itu event yang sudah ada ini untuk dibesarkan dan digaungkan agar semakin baik," tutupnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini