Di Hadapan Kader PBB, Jokowi Paparkan Langkah Pemerintah Tangani Virus Korona

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 07 Februari 2020 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 337 2164601 di-hadapan-kader-pbb-jokowi-paparkan-langkah-pemerintah-tangani-virus-korona-ix3bvN1LEI.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Dok Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang telah diambil pemerintah terkait penyebaran virus korona yang berasal dari Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China. Paparan itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara pelantikan pengurus DPP Partai Bulan Bintang (PBB) di Balroom Hotel Aston Kartika, Grogol, Jakarta Barat, Kamis 6 Februari 2020 malam.

"Secara cepat juga kita putuskan sebuah kebijakan untuk menghentikan penerbangan dari dan ke Tiongkok (China), juga pelarangan sementara impor hewan hidup dari Tiongkok," ucap Jokowi.

"Serta juga kita mengatur ulang pemberian visa, penerbitan visa, dan apa pun saya sampaikan kepentingan nasional adalah tetap yang nomor satu," sambungnya.

Pengetatan kebijakan yang diambil Pemerintah Indonesia terhadap China memiliki konsekuensi yang tidak kecil. Pasalnya, Indonesia dan China memiliki kerja sama ekonomi cukup besar, di antaranya ekspor dan pariwisata.

"Memang konsekuensinya tidak kecil karena kita tahu kita ekspor ke Tiongkok besar sekali, turis yang dari sana ke sini juga tidak kecil," paparnya.

"Seperti kita lihat sekarang di negara-negara dekat kita betul-betul sangat sepi sekali. Masih beruntung, alhamdulillah, kita tidak tergantung pada turis dari 1, 2, 3 negara. Turis kita berasal dari hampir seluruh negara, sehingga kita harapkan ini tidak memengaruhi banyak pariwisata di Tanah Air," imbuhnya.

Meski demikian, Jokowi menyampaikan bahwa wabah virus korona di China telah berdampak pada Indonesia, khususnya di sektor ekonomi.

"Tapi dari sisi ekonomi memang tekanan itu begitu sangat terasa saat ini. Ekspor menurun, turis menurun, moga-moga tidak berimbas pada pertumbuhan ekonomi yang kita miliki," tutupnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini