nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingatkan Riau hingga Papua soal Karhutla, Jokowi: Kerugian Bisa Sampai Ratusan Triliun

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 13:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 06 337 2164259 ingatkan-riau-hingga-papua-soal-karhutla-jokowi-kerugian-bisa-sampai-ratusan-triliun-ENH83mcWAW.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sejumlah daerah untuk berhati-hati atas bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya, peristiwa ini sangat merugikan banyak pihak.

"Hati-hati sekali lagi Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Meskipun provinsi-provinsi yang lain juga hati-hati," kata Jokowi dalam acara Rakornas Pengendalian Karhutla 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

"Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah juga hati-hati meskipun sangat kecil. Kalimantan Timur di situ hati-hati betul. Dan provinsi-provinsi di Jawa maupun di Sulawesi, NTT, NTB sampai Papua, Hati-hati. Semuanya hati-hati," sambungnya.

Kepala Negara berujar, bila api sudah membesar maka akan sulit untuk memadamkannya. Terlebih, biaya yang akan dihabiskan negara sangat besar hingga trilyunan rupiah.

"Karena kerugian kalau sudah membesar sudah bukan hanya puluhan triliun tapi bisa mencapai ratusan triliun seperti di 2015," ucapnya.

"Sekali lagi perubahan iklim sekarang ini, panasnya cuaca saat ini kita merasakan semuanya. Sehingga jangan sampai terjadi membesar pada saat cuaca sangat panas dan itu sulit dikendalikan," pungkas Jokowi.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini