nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geruduk Kemenkes, Ratusan Buruh Demo Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 13:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 06 337 2164250 geruduk-kemenkes-ratusan-buruh-demo-tolak-kenaikan-iuran-bpjs-kesehatan-Bv17bud6w9.JPG Ratusan buruh geruduk Kantor Kemenkes demo kenaikan iuran BPJS Kesehatan (Foto: Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Aksi mereka dilatarbelakangi oleh kenaikan iuran Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Para buruh tersebut menolak adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Menurut para buruh, kenaikan iuran tersebut justru menyengsarakan mereka.

"Kita jelas menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, sepakat kawan. Itu jelas menyengsarakan buruh," kata salah seorang orator di atas mobil komando di depan Gedung Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Aksi penolakan kenaikan iuran BPJS itu digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) FSPMI ke-XXI. Para buruh sempat potong kue sekaligus bersenandung lagu ulang tahun disela-sela aksinya.

Saat ini, mereka masih menyuarakan tuntutannya. Para buruh meminta agar pemerintah membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Sebab, hal itu berdampak pada kesulitan ekonomi para b

Demo Buruh di Kemenkes

"Pemerintah tidak seharusnya menaikkan iuran BPJS Kesehatan dengan membebani masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi, karena masih ada solusi penyelesaian yang bisa ditempuh oleh pemerintah dalam menghadapi kesulitan anggaran," ujar seorang orator tersebut.

Pantauan di lapangan, ada sekira ratusan buruh yang memadati ruas jalan depan Gedung Kemenkes. Mereka menutup akses jalur lambat Jalan HR Rasuna Said depan Gedung Kemenkes yang mengarah ke Menteng.

Imbas dari aksi itu, terjadi kemacetan dari arah Mampang Prapatan ke Menteng. Pun sebaliknya, dari arah Menteng menuju Mampang juga padat merayap.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini