Pemulangan WNI Eks ISIS, DPR Minta Jaminan Tidak Ada Masalah Nantinya

Sarah Hutagaol, Okezone · Kamis 06 Februari 2020 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 337 2164067 pemulangan-wni-eks-isis-dpr-minta-jaminan-tidak-ada-masalah-nantinya-tOzj4TzAm5.jpg Ilustrasi terorisme. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono tidak setuju dengan adanya wacana pemulangan 660 WNI yang diduga sempat tergabung dalam kelompok teroris ISIS. Alasannya, melihat dari masih berkembangnya teroris yang ada di dalam negeri hingga saat ini. Ia pun mencontohkan kasus penusukan yang dialami Wiranto beberapa waktu silam.

"Di sini pun kita masih berjuang, masih ada sel-sel teroris yang belum sempat semuanya ketangkap. Jadi di Indonesia juga masih banyak sel-sel tersebut," ucap Dave ketika berbincang dengan Okezone, Rabu 5 Februari 2020.

Baca juga: Jokowi Isyaratkan Tidak Setuju Pulangkan WNI Eks ISIS 

Lebih lanjut politikus Partai Golkar ini mempertanyakan jaminan apa yang akan diberikan oleh pemerintah bahwa ratusan WNI yang rencananya dipulangkan ke Tanah Air itu tidak akan menyebarkan paham radikalisme.

"Sehingga kalau mereka kembali apa jaminannya bahwa mereka tidak akan menyebarkan dan menjadi sel-sel baru," ungkapnya.

"Nah kalau kita ngomongin hak asasi segala macam, bagaimana hak asasi 250 juta warga negara Indonesia yang ada? Nah kalau dari pemerintah gimana? Jelas-jelas yang ada saja masih bermasalah," tambahnya.

Baca juga: Soal Kepulangan 600 WNI Eks ISIS, DPR: Kalau Perlu Mereka Ikut Bela Negara 

Selain itu, Dave juga menyinggung mengenai WNI tersebut yang meninggalkan Indonesia dan membakar paspor. Sehingga, sebuat dia, kalau mereka sudah tidak lagi mengakui diri sebagai warga negara Indonesia.

"Kalau kita melihat secara hukumnya, mereka sudah meninggalkan NKRI, mereka membakar paspornya, mereka tidak mengakui lagi NKRI," tutupnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini