Jokowi Ingin Kepala BPIP Yudian Wahyudi Membumikan Pancasila ke Kaum Muda

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 05 Februari 2020 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 337 2163853 jokowi-ingin-kepala-bpip-yudian-wahyudi-membumikan-pancasila-ke-kaum-muda-GjVeJvyHg9.jpg Presiden Jokowi ingin BPIP membumikan Pancasila ke kaum muda (Foto : Okezone.com/Fahreza)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Prof Yudian Wahyudi dapat mempercepat pembumian Pancasila ke generasi muda, setelah Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu resmi dilantik Kepala Negara menjadi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"(Harapannya) ya bisa lebih cepat lagi membumikan Pancasila, tetapi yang terpenting memang targetnya sudah sering saya sampaikan yakni kira-kira 129 juta itu adalah anak-anak muda di bawah 39 tahun yang memerlukan sebuah injeksi tentang terutama pancasila dalam keseharian," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

"Dan kita harapkan dengan diangkatnya Prof Yudian itu bisa lebih dipercepat lagi," imbuh dia.

Jokowi tidak mengungkapkan pertimbangannya memilih Yudian menjadi Kepala BPIP. Ia meminta awak media mengkrosceknya langsung kiprah Yudian sangat banyak sekali yang tertuang di berbagi literasi.

"Ya coba dicari sendiri, di situ kelihatan nanti," tukasnya.

Baca Juga : Jokowi Resmi Lantik Yudian Wahyudi Jadi Kepala BPIP

Jokowi menambahkan, modul serta bahan-bahan untuk internalisasi ideologi Pancasila ke kaum muda sudah sangat komplit. Dengan demikian, saat ini tinggal pelaksanaannya saja. "Bahan dan materi sudah komplit sehingga betul-betul tahapannya ke lapangan, terutama ke anak-anak muda," tuturnya.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi resmi melantik Prof Yudian Wahyudi menjadi Kepala BPIP. Pengangkatan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 12/P Tahun 2020.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini