Jokowi Resmi Lantik Yudian Wahyudi Jadi Kepala BPIP

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 05 Februari 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 337 2163810 jokowi-resmi-lantik-yudian-wahyudi-jadi-kepala-bpip-Yah87nqTGo.jpg Jokowi lantik Yudian Wahyudi sebagai Kepala BPIP. (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Prof. KH. Yudian Wahyudi sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Upacara pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Pengangkatan Yudian menjadi Kepala BPIP tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 12/P Tahun 2020.

Selain Yudian, Jokowi juga melantik Muhammad Yusuf Ateh menjadi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Yudian Wahyudi dilantik Jokowi sebagai Kepala BPIP. (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

Kepala Negara selanjutnya membacakan sumpah dan diikuti oleh dua pejabat tersebut. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Negara Republik Indonesia 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi diikuti Yudian dan Yusuf.

Yudian Wahyudi dilantik Jokowi sebagai Kepala BPIP. (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," sambung Jokowi.

Yudian Wahyudi dilantik Jokowi sebagai Kepala BPIP. (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

Dalam pelantikan tersebut, turut hadir Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Try Sutrisno, Ketua DPR Puan Maharani, dan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

Hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, beserta sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan legislatif dan yudikatif.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini