Buronan KPK Harun Masiku Masih Berkeliaran Bebas

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 05 Februari 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 337 2163790 buronan-kpk-harun-masiku-masih-berkeliaran-bebas-kJkim2eQLd.jpg Karo Pemnas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Keberadaan Harun Masiku hingga kini masih jadi misteri. Mantan caleg PDI Perjuangan itu hilang bagai ditelan bumi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terhadap eka Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan. Harun disinyalir masih berkeliaran bebas di Indonesia.

Harun lolos dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 8 Januari 2020. Padahal, saat itu KPK sempat mendeteksi keberadaan Harun Masiku di sekitaran Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran, Jakarta Selatan. Sayang, KPK kehilangan jejak Harun Masiku.

Keberadaan Harun sebelum dan saat operasi senyap KPK juga sempat jadi polemik. Harun sempat dikabarkan berada di Singapura dua hari sebelum OTT KPK. Sampai pada saat KPK melancarkan OTT, Harun masih disebut-sebut berada di Singapura dan belum kembali ke Indonesia.

Kenyataannya, Harun terekam kamera pengawas Bandara Soekarno Hatta sudah kembali dari Singapura ke Indonesia pada 7 Januari 2020, atau sehari sebelum OTT KPK. Polemik simpang siur keberadaan Harun tersebut berdampak pada pencopotan jabatan Ronny Franky Sompie sebagai Dirjen Imigrasi.

Harun

Baca Juga: Polri Masih Terus Memburu Keberadaan Harun Masiku

28 hari atau hampir sebulan sejak ditetapkan tersangka, Harun belum juga ditemukan. KPK sudah melakukan berbagai upaya untuk dapat menangkap Harun. Upaya yang dilakukan KPK yakni dengan meminta bantuan Polri untuk mendaftarkan Harun Masiku sebagai buronan.

Polri menindaklanjuti permohonan bantuan tersebut dengan memasukkan Harun Masiku dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Surat DPO Harun Masiku sudah disebar ke seluruh Polda dan Polres yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu, KPK juga telah meminta bantuan Imigrasi untuk mencegah Harun Masiku bepergian ke luar negeri. KPK berharap ada informasi terbaru dari masyarakat terkait keberadaan Harun Masiku.

Namun, sejumlah upaya yang dilakukan KPK maupun Polri hingga kini belum membuahkan hasil. Harun Masiku masih berkeliaran bebas dan belum terdeteksi keberadaannya. Polri masih terus mencari keberadaan Harun di seluruh pelosok.

"Masih kita cari ya," singkat Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi soal keberadaan Harun, Rabu (5/2/2020).

Pun demikian dengan KPK. Plt Jubir KPK, Ali Fikri mengaku pihaknya belum dapat meng-update terkait keberadaan terkini Harun. KPK masih mencari keberadaan Harun.

"Kita memang belum ada update yang bisa disampaikan ya, tetapi proses pencarian terus dilakukan sampai hari ini. Jadi belum ada yang terbaru untuk kami sampaikan ke teman-teman. Yang jelas, informasi terakhir dari tim penyidik terus memantau, mencari keberadaan yang bersangkutan," kata Ali Fikri.

Harun Masiku merupakan mantan Caleg asal PDIP yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR oleh KPK.

Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya. Ketiganya yakni, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan (WSE), Mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF) serta pihak swasta, Saeful (SAE).

Wahyu Setiawan dan Agustiani ditetapkan sebagai pihak penerima suap. Sedangkan Harun dan Saeful merupakan pihak yang memberikan suap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini