Dipulangkan KPK, Kompol Rossa Resmi Ditarik Kembali ke Polri

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 05 Februari 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 337 2163735 dipulangkan-kpk-kompol-rossa-resmi-ditarik-kembali-ke-polri-YGkA98fdEH.jpg Gedung KPK. (Foto: Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengembalikan penyidik asal Polri, Kompol Rossa Purbo Bekti ke institusi asalnya. KPK mengembalikan Kompol Rossa ke Polri pada 22 Januari 2020. Dia dikembalikan ke Polri bersama rekannya yang juga ditugaskan di KPK, yakni Kompol Indra.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengamini adanya pengembalian Kompol Rossa dan Kompol Indra dari Polri. Kata Argo, pihaknya secara resmi telah menerima pengembalian dua anggota Polri dari KPK.

"Kompol Rossa dan Kompol Indra memang sudah dikembalikan ke kepolisian," kata Argo usai menghadiri acara penandatangan nota kesepahaman antara Polri dan Jasa Raharja di Gedung Jasa Raharja, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020).

Pengembalian Kompol Rossa ke Polri sempat menjadi polemik karena masa tugasnya di KPK yang belum selesai. Kompol Rossa baru habis masa tugasnya di KPK pada September 2020 atau masih sekira tujuh bulan lagi.

KPK bersikukuh mengembalikan Kompol Rossa dan Kompol Indra ke Polri. Sementara pihak Mabes Polri sempat menyatakan belum menarik Kompol Rossa ke kesatuan asalnya karena tugasnya di KPK baru habis pada September 2020.

"Jadi kemarin Pak Rossa itu tidak kami tarik. Dia tetap di KPK. Karena yang bersangkutan masih (bertugas di KPK) sampai bulan September," kata Argo, Rabu 29 Januari 2020.

Sementara itu, Ketua KPK, Firli Bahuri menegaskan bahwa pihaknya telah mengembalikan Kompol Rossa ke Polri sejak 22 Januari 2020. Kata Firli, KPK sudah mengembalikan dua anggota Polri yang ditugaskan di KPK yakni, Kompol Rossa dan kompol Indra berdasarkan surat keputusan pimpinan KPK.

Firli Bahuri. (Foto: Harits Tryan/Okezone)

"Rossa sudah diberhentikan dari penyidik KPK bersama saudara Indra sesuai dengan surat keputusan komisi, terhitung mulai tanggal 1 Februari 2020 dan sudah dihadapkan ke Mabes Polri pada tnggal 24 Januari 2020. Penghadapan kedua penyidik KPK ke Polri, sama dengan proses pengembalian dua jaksa ke Kejaksaan RI," kata Firli melalui pesan aingkat yang diterima awak media, Selasa 4 Februari 2020.

Polemik itu kemudian disebut-sebut berujung pada pelarangan Kompol Rossa untuk masuk ke Gedung KPK. Kompol Rossa dikabarkan tidak mendapatkan akses untuk masuk ke Gedung KPK dan menyintas email sebagai pegawai KPK.

Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap mengkritisi pengembalian sepihak Kompol Rossa. Kata Yudi, pengembalian Kompol Rossa dari KPK ke institusi asalnya seharusnya dibatalkan karena Mabes Polri tidak mempermasalahkannya.

"Kami menyayangkan pengembalian sepihak dan tiba tiba ini. Karena seharusnya Mas Rossa diberikan penghargaan atas prestasinya mengungkap kasus korupsi seperti OTT KPU kemarin. Sehingga pengembalian ini seharusnya dibatalkan karena Mabes Polri pun tidak masalah Kompol Rossa tetap bekerja di KPK," kata Yudi melalui pesan singkatnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini