Menko Polhukam Bahas Rakornas Antisipasi Mitigasi Karhutla dengan Menteri LHK

Achmad Fardiansyah , Okezone · Rabu 05 Februari 2020 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 337 2163517 menko-polhukam-bahas-rakornas-antisipasi-mitigasi-karhutla-dengan-menteri-lhk-8HOwKFE1aP.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya membahas Rakornas Antisipasi Mitigasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, pagi ini.

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, dirinya melakukan diskusi dengan Menteri LHK terkait dengan persiapan Rakornas Antisipasi atau Mitigasi Karhutla dengan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi).

"Kita berdiskusi dengan ibu menteri LHK dalam rangka besok akan menerima arahan dari presiden dalam rakornas tentang antisipasi atau mitigasi karhutla," kata Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

 Baca juga: Bakar 20 Hektare Lahan, Polisi Tangkap Seorang ASN di Riau

Berdasarkan catatannya, Karhutla di Indonesia merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi setiap tahunnya, bahkan dampak Karhutla tersebut berdampak ke negara Singapura dan Malaysia.

"Itu biasanya setiap tahun itu selalu menjadi catatan masalah dan setiap tahun itu dipimpin langsung oleh presiden, dan supaya diketahui ketika presiden pada tahun pertama memimpin kan karhutla itu kan terjadi luar baisa sampe Singapura dan Malaysia marah-marah," ujarnya.

 Baca juga: Kapolda Riau Pantau Penanganan Karhutla Melalui Aplikasi

Akan tetapi, sejak Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, persoalan Karhutla berangsur membaik, sehingga peristiwa kebakaran hutan dan lahan kian menurun.

"Tapi sejak pak Jokowi jadi presiden itu teratasi sampai sekarang, itu dari tahun ke tahun jadi membaik dan dari negara-negara yang punya masalah Karhutla, Indonesia itu sekarang sebenarnya paling kecil lahan yang terbakar itu menurun, dan Alhamdulillah terus membaik," ungkapnya.

Bahkan, Mantan Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) ini berani membandingkan dengan negara-negara yang memiliki kerawanan Karhutla seperti Austarlia, Canada brazil dan Rusia dilaporkan sangat luar biasa terjadi karhutla.

"Kita Alhamdulillah selalu membaik dari waktu ke waktu, dan itu penanganan dipimpin langsung oleh presiden, dan besok akan mulai rapat," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar belum bersedia membeberkan berapa jumlah Karhutla di Indonesia. "Besok saja ya," tutup Siti sambil berpamitan kepada Mahfud.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini