nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cita-Cita Gus Sholah Melembagakan Pancasila Terwujud dengan Terbentuknya BPIP

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 17:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 04 337 2163303 cita-cita-gus-sholah-melembagakan-pancasila-terwujud-dengan-terbentuknya-bpip-Yz3nLEPimJ.JPG Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Duka menyelimuti bangsa Indonesia menyusul wafatnya KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu 2 Februari 2020 sekira pukul 20.55 WIB di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Banyak karya maupun kontribusi Gus Sholah semasa hidup bagi bangsa Indonesia. Gus Sholah merupakan salah satu pendiri Gerakan Kebajikan Pancasila yang berdiri pada 7 Desember 2015 silam bersama Buya Syafii Ma'arif, Saifullah Maksum dan Sabar Mangadoe.

Satu di antara penggagas Gerakan Kebajikan Pancasila (GKP), Iman Partogi mengatakan, saat itu Gus Sholah memiliki cita-cita agar Pancasila sebagai dasar negara harus dilembagakan.

Kini, pelembagaan itu sudah terwujud dengan nama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang kemudian bertransformasi menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Salahuddin Wahid

"Suatu hari di tahun 2015 bersama Gus Sholah dan Buya Maarif menyuarakan Pancasila. Selamat jalan Gus, cita-citamu agar Pancasila harus dilembagakan sudah terwujud. Terima kasih untuk semuanya," kata Partogi dalam keterangannya kepada Okezone di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Dirinya mengajak seluruh komponen bangsa mengiringi kepergian Gus Sholah dengan doa. "Tentunya kami merasa sangat kehilangan salah satu tokoh nasional, guru bangsa yang humanis dan pluralis. Semoga kesalahan Gus Sholah diampuni Allah SWT dan diterima amal kebaikannya," tuturnya.

Sekadar diketahui, Gus Sholah merupakan tokoh bangsa sekaligus adik kandung Presiden ke-4 RI, almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Gus Sholah wafat dalam usia 77 tahun di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita sekira pukul 20.55 WIB.

Gus Sholah dalam Diskusi Pancasila

Kondisi Gus Sholah diketahui terus menurun usai menjalani bedah jantung pada Sabtu 1 Februari 2020. Tim dokter yang merawat Gus Sholah melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke ruang jantung.

Gus Sholah dikabarkan kritis usai menjalani operasi jantung. Operasi dilakukan karena ada masalah di selaput jantungnya. Ia dirawat di RS Jantung Harapan Kita sejak Senin 27 Januari 2020. Kondisi Gus Sholah menurun usai menjalani operasi pada Jumat 31 Januari 2020. Gus Sholah dimakamkan di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, pada Senin 3 Februari 2020 sore.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini