Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Hari Pers Nasional 2020 di Kalsel

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 04 Februari 2020 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 337 2163300 presiden-jokowi-dijadwalkan-hadiri-hpn-2020-di-kalsel-d3dBOB3BfB.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di halaman Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu 8 Februari 2020.

Ketua Panitia Pelaksana HPN Auri Jaya telah menggelar rapat bersama Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Istana Negara. Dalam pertemuan itu, Kepala Negara diketahui akan bertolak ke Banjarmasin pada Jumat 7 Februari malam.

"Presiden Joko Widodo akan tiba di Banjarmasin pada hari Jumat malam, 7 Februari," ujar Auri dalam keterangannya, Selasa, (4/2/2020).

 Baca juga: Peringatan Hari Kebebasan Pers Internasional Diwarnai Aksi Mandi Kembang

Acara HPN, lanjut dia, akan dimulai sejak pukul 08.30 WIB dengan didahului penanaman pohon, dilanjutkan penandatanganan prasasti Penanaman Pohon Raksasa di Hutan Pers Taman Species Endemik Indonesia yang dibawa para Ketua PWI dari seluruh Indonesia. Selain itu juga akan ditandatangani prasasti Taman Hujan Tropis Dunia.

"Dalam kegiatan penanaman pohon dan peresmian hutan pers dan taman hutan hujan tropis dunia itu, Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo akan didampingi Penanggung Jawab HPN 2020 Atal S Depari, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta Ibu Hj Raudhatul Jannah, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Menteri Komunikasi dan Informatika," tutur dia.

 Baca juga: Polri: Pers Harus Jadi Cooling System di Pemilu 2019

Ia menjelaskan, acara HPN dimajukan agar Jokowi bisa hadir dalam puncak acara HPN. Meski demikian, acara HPN tidak akan banyak berubah lantaran panitia hanya menyesuaikan saja.

Auri menambahkan, Konvensi Media Massa sebagai salah satu kegiatan utama HPN 2020, yang sebelumnya akan dilaksanakan 8 Februari terpaksa digeser setelah acara dengan Presiden Jokowi.

Demikian pula Seminar Stunting yang sama semula akan dilaksanakan pagi hingga siang hari pada tanggal 8 Februari menjadi siang sampai sore hari. Seminar yang diadakan di RSUD Ulin Banjarmasin itu akan dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang juga sebagai keynote speaker.

Pembicara yang akan tampil antara lain Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Dirut Perum Bulog Budi Waseso, Rektor Universitas Yarsi Jakarta Prof dr Fasli Jalal, Ph.D, Direktur Komunikasi Danone Indonesia Rief Mujahidin, dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy.

Berbagai kegiatan lainnya akan mewarnai rangkaian Hari Pers Nasional di Banjarmasin, seperti Seminar Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Panitia HPN dengan Kemen PAN-RB, Forum Investasi yang menghadirkan sejumlah menteri, antara lain Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Forum Melinial yang akan menghadirkan Staf Khusus Presiden antara lain Puti Indah Sari Tanjung, Gracia Billy Mambrasar yang akan dilangsungkan di Universitas Lambung Mangkurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini