Kejagung Lacak 3 Aset Tersangka Jiwasraya Benny Tjokrosaputro di Banten

Selasa 04 Februari 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 337 2163001 kejagung-lacak-3-aset-tersangka-jiwasraya-benny-tjokrosaputro-di-banten-0kVWLnTiJV.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) terus melacak keberadaan aset tersangka kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro. Penyidik pun menemukan tiga aset Benny di wilayah Banten.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono mengatakan, 3 aset itu berada di Kelurahan Pedaleman, Kabupaten Serang dan Perumahan Citra Raya Maja, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Kemudian di Kelurahan Bojongcae, Kelurahan Cibadak, Kabupaten Lebak.

"Ada 3 tempat untuk cocokkan surat yang diperoleh. Tim bergerak di 3 tempat. Ini dicocokkan dokumen surat dengan lokasi tanah," kata Hari di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari iNews.id, Senin (3/2/2020) malam.

 Baca juga: Panja Bahas 2 Opsi Gagal Bayar Jiwasraya, Maret Targetkan Selesai

Kata Hari, pelacakan aset tersebut untuk mempermudah penyidik mengecek kebenaran surat tanah dan lokasinya. Aset tersebut akan dikembalikan kepada negara. "Ya bisa sertifikat, bisa surat keterangan tanah," sambungnya.

 Baca juga: Kejagung Periksa 5 Saksi Terkait Kasus Jiwasraya

Dalam kasus ini, kata Hari, Kejagung fokus menyelamatkan uang negara yang dirugikan hingga Rp13,7 triliun. Proses penghitungan aset para tersangka, Kejagung bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu, Kejagung juga meminta kepada Badan Pertanahan Negara (BPN) untuk memblokir aset tanah milik tersangka Benny Tjokro. Aset berupa 156 bidang tanah tersebut diduga masih terkait kasus korupsi Jiwasraya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini