KPK Sita Rumah dan Mobil Terkait Pencucian Uang Eks Bupati Cirebon

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 04 Februari 2020 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 337 2162934 kpk-sita-rumah-dan-mobil-terkait-pencucian-uang-eks-bupati-cirebon-4vVoTPidp7.jpg Plt Jubir KPK Ali Fikri (foto: Okezone)

JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menelisik aset-aset milik mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra hasil tindak pidana korupsi. Sejalan dengan itu, KPK sudah menyita satu unit rumah dan mobil milik mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra yang diduga terkait Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Plt Jubir KPK, Ali Fikri memgamini adanya proses penegakan hukum terkait TPPU Sunjaya Purwadisastra. Dalam hal ini, KPK telah menyita satu rumah dan mobil yang diduga bagian dari pencucian uang Sunjaya.

Baca Juga: Sakit Hati, Sunjaya Ancam Bongkar Semua Praktik Korupsi Mantan Anak Buahnya di Cirebon 

"Ada rumah satu dan kendaraan satu (yang disita tim penyidik)," kata Ali saat dikonfirmasi, Selasa (4/2/2020).

Sunjaya Purwadisastra. (Foto: Cirebonkab.go.id)	 

Ali enggan membeberkan secara rinci lokasi rumah dan kendaraan milik Sunjaya yang disita tim penyidik terkait TPPU. Kata Ali, proses penyidikam terhadap TPPU Sunjaya masih berjalanm Ali berjanji akan membeberkan secara detail apa saja yang sudah disita terkait TPPU Sunjaya setelah proses penyidikan rampung.

"Kami belum konfirmasi lebih lanjut karena ini masih berjalan terkait dengan tersangka SUN (Sunjaya) ini terkait TPPU-nya. Nanti keseluruhannya setelah berkas semua selesai bisa dilihat ada berapa aset yang dilakukan penyitaan," katanya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sunjaya diduga menyamarkan atau mencuci uangnya sebesar Rp51 miliar hasil suap dan gratifikasi.

Sunjaya sendiri telah dijerat oleh KPK terkait perkara suap dan gratifikasi sejumlah perizinan di Pemerintah Kabupaten Cirebon. Dalam perkara suapnya, Sunjaya telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor pada PN Bandung. Saat ini, Sunjaya masih menjalani proses penyidikan terkait kasus TPPU dan gratifikasi.

Baca Juga: Merasa Terzalimi, Mantan Bupati Cirebon Sunjaya Ajukan PK

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini