Peristiwa 4 Februari: George Washington Jadi Presiden AS hingga Facebook Berdiri

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 04 Februari 2020 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 337 2162868 peristiwa-4-februari-george-washington-jadi-presiden-as-hingga-facebook-berdiri-2YLokMCPqF.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 4 Februari, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa di antaranya adalah berdirinya Facebook hingga terpilihnya George Washington sebagai Presiden pertama Amerika Serikat.

Okezone merangkum beberapa peristiwa dan kejadian penting yang terjadi 4 Februari dikutip dari laman Wikipedia:

1. Berdirinya Facebook

Facebook, Inc. adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Didirikan oleh Mark Zuckerberg, Facebook kini tercatat sebagai media sosial paling populer di dunia. Per kuartal-III 2019, tercatat ada sekitar 2,4 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap bulannya.

Pengguna Facebook paling banyak tercatat di India dengan 260 juta, disusul Amerika Serikat dan Brasil. Indonesia menempati urutan keempat yakni 120 juta pengguna.Ilustrasi

Mark Zuckerberg (Metro)

2. Perang Kemerdekaan Angola

Perang Kemerdekaan Angola (1961–1974) dimulai sebagai pemberontakan melawan tanam paksa kapas, menjadi pertempuran antara Portugal yang menguasai Angola melawan 11 gerakan separatis, dan berakhir pada tahun 1975 ketika pamerintah Angola, UNITA, MPLA, dan FNLA menandatangani Persetujuan Alvor.

3. Pesawat All Nipon

Pada 4 Februari 1966, pesawat All Nippon Airways Penerbangan 60 tercebur ke laut di Teluk Tokyo, Jepang dan menewaskan 133 orang. Pesawat itu melayani rute domestik dari Bandara Chitose, Sapporo menuju Bandara Haneda. Pesawat mengangkut 126 orang penumpang beserta tujuh orang kru penerbangan.

4. George Washington jadi Presiden pertama AS

George Washington dengan suara bulat terpilih sebagai Presiden pertama Amerika Serikat oleh Lembaga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden AS.

Dia seorang jenderal dan negarawan yang dikenal sebagai salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat sekaligus presiden pertamanya dari 1789 hingga 1797. Ia memimpin pasukan Patriot selama Perang Revolusi Amerika dan berhasil mengantarkan mereka menuju pintu kemerdekaan dari Britania Raya.

Ia juga mengepalai Konvensi Konstitusional 1787 yang mendirikan pemerintahan federal yang baru. Berkat kepemimpinannya selama perjuangan untuk memerdekakan Amerika Serikat, ia diberi gelar "Bapak Bangsa".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini