nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangisan Gubernur Jatim Khofifah Pecah saat Bacakan Wasiat Gus Sholah

Senin 03 Februari 2020 17:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 03 337 2162687 tangisan-gubernur-jatim-khofifah-pecah-saat-bacakan-wasiat-gus-sholah-jIKhiRJl4M.jpg Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (foto: iNews.id)

JOMBANG - Air mata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pecah saat memberikan sambutan dalam prosesi pemakaman KH Salahudin Wahid atau kerap disapa Gus Sholah di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng.

Kata Khofifah, Gus Sholah meninggalkan tiga wasiat penting sebelum wafat, yakni, mengembangkan pendidikan pesantren Tebuireng lebih maju; menjadikan Rumah Sakit Tebuireng sebagai rumah sakit modern, dan mendirikan bank syariah yang punya maslahat besar bagi masyarakat.

“Tiga mandat itu sering disampaikan Gus Sholah setiap kali bertemu saya. Maka mudah-mudahan ini bisa terlaksana,” kata Khofifah, seperti dilansir dari iNews.id, Senin (3/2/2020).

 Baca juga: Muhammad Nuh Ungkap Kenangannya dengan Gus Sholah

Tak hanya itu, Gus Sholah juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia punya rumah (PR) besar, yakni persatuan.

“Beliau menyampaikan itu tiga kali. PR kita adalah persatuan, PR kita adalah persatuan, PR kita adalah persatuan,” kata Khofifah menirukan pesan Gus Sholah.

Khofifah pun begitu emosional saat menyampaikan tiga wasiat Gus Sholah tersebut. Bahkan di akhir sambutan, tangis Khofifah pecah hingga tak kuasa melanjutkan sambutannya.

“Selamat jalan Gus Sholah. Selamat bertemu di jannah. Di surganya Allah bersama orang-orang saleh,” katanya sambil terisak.

 Baca juga: Polda Jatim Instruksikan Jajarannya Salat Gaib Doakan Gus Sholah

Pantauan iNews.id di lokasi, selain Khofifah, sejumlah tokoh nasional juga jadir pada prosesi pemakaman Gus Sholah. Mereka di antaranya Ketua PP Muhammadiyah Haidar Natsir; Menko Polhukam Mahfud MD; mantan Rais Aam PBNU KH Mustofa Bisri; Gubernur DKI Anis Baswedan, serta sejumlah tokoh lain.

Sementara itu, lantunan tahlil dan salawat dari ribuan pelayat memyambut kedatangan jenazah Gus Sholah di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Senin (3/2/2020). Jenazah Gus Sholah tiba tepat pukul 13.00 WIB, diiringi rombongan keluarga besar KH Hasyim Asyari.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini