nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muhammad Nuh Ungkap Kenangannya dengan Gus Sholah

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 16:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 03 337 2162597 muhammad-nuh-ungkap-kenangannya-dengan-gus-sholah-Ui2162iivC.jpg Mantan Mendikbud Muhammad Nuh. (Foto : Dok Okezone.com)

JOMBANG – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh menganggap KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) merupakan sosok yang bisa berinteraksi dengan segala kalangan umur, termasuk dengan kaum muda.

Hal ini disampaikannya saat turut bertakziah di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang pada Senin (3/2/2020) siang.

"Beliau sangat menghormati dan sangat santun dengan anak muda seperti saya untuk memberikan catatan dan saran. Beliau bisa menempatkan diri di manapun beliau berada," ujar Muhammad Nuh.

Tak hanya itu, meski usianya sudah tak lagi muda, semangat dan pikiran Gus Sholah selalu komprehensif dan mengikuti perkembangan zaman.

"Beliau sangat mulia, sangat baik, dan yang paling penting pandangannya komprehensif. Jadi tidak terpisah-pisah," tutur Ketua Dewan Pers tersebut.

Muhammad Nuh juga bercerita mengenai kenangannya dengan almarhum adik kandung Gus Dur ini saat masih memimpin Nahdlatul Ulama (NU). Nuh mengaku beberapa kali berdiskusi dengan Gus Sholah.

Gus Sholah. (Ist)

"Yang jelas NU itu kan organisasi besar, harus tetap berperan sebagaimana fungsi besarnya NU. Seperti awal didirikan dengan tiga pilar utamanya, yakni kebangkitan perekonomian atau kesejahteraan, kebangkitan pemikiran-pemikiran dan kebangkitan mencintai bangsa dan negara. Itu yang terus disampaikan oleh beliau. Ini yang perlu terus dikembangkan," tuturnya.

Sebagai informasi, cucu pendiri Nahdlatul Ulama sekaligus putra pahlawan nasional Kiai Wahid Hasyim, KH Salahuddin Wahid mengembuskan napas terakhir di usia 78 tahun pada Minggu 2 Februari 2020 malam sekira pukul 21.00 WIB, setelah menjalani perawatan di RS Harapan Kita Jakarta.


Baca Juga : Polda Jatim Instruksikan Jajarannya Salat Gaib Doakan Gus Sholah

Ulama dan cendekiawan yang juga adik Presiden Ke-4 Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid ini rencananya dimakamkan di Kompleks Ponpes Tebuireng pada sore nanti.


Baca Juga : Sosok Almarhum Gus Sholah di Mata Hotman Paris Hutapea

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini