Menkes Jelaskan Alasan 7 WNI Batal Pulang ke Indonesia

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 03 Februari 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 337 2162431 menkes-jelaskan-alasan-7-wni-batal-pulang-ke-indonesia-Wk1m4u7sdz.png (Foto: Harits Tryan/Okezone)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, Pemerintah harusnya memulangkan 245 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China. Namun yang berhasil kembali ke Tanah Air hanya 238 orang.

“Berangkat dari China 238, ini dinyatakan sehat. Dari 245 data yang sebenernya awalnya ada," kata Terawan saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Terawan menjelaskan, empat orang mengundurkan diri alias tidak mau kembali ke Tanah Air karena merasa nyaman di Wuhan, walaupun virus tersebut sedang merebak.

"Mereka membuat surat pernyataan bahwa aman, supaya tidak ada sakwasangka," kata Terawan.

(Foto: Okezone)

Sedangkan tiga WNI tidak lolos proses screening kesehatan oleh Pemerintah China. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melarang bagi yang sakit keluar dari Wuhan.

Baca juga: Ekonomi China dalam Bayang-Bayang Virus Korona

"Karena aturannya apa? Yang sakit tidak boleh diberangkatkan. Entah sakit apapun, tidak boleh diberangkatkan, mau ibaratnya sakit mata juga tidak boleh," ujar Terawan.

Saat ini ratusan WNI telah dievakuasi ke Indonesia. Mereka akan menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), untuk memastikan terbebas dari virus korona.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini