Gus Sholah, Lulusan Arsitek ITB dan Pejuang HAM

Debrinata Rizky, Okezone · Senin 03 Februari 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 337 2162417 gus-sholah-lulusan-arsitek-itb-dan-pejuang-ham-gjN7ZyvLcR.jpg Suasana Rumah Duka KH Salahuddin Wahid Alias Gus Sholah di Jakarta (foto: Okezone/Fadel Prayoga)

JAKARTA - KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, Minggu 2 Februari 2020 sekira pukul 21.00 WIB. Kondisi kesehatan pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang itu memang sempat menurun usai menjalani operasi selaput jantung.

Gus solah lahir di Jombang, 11 September 1942. Dia merupakan putra dari pasangan KH Wahid Hasyim dengan Sholehah. Adik kandung Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Baca Juga: Ponpes Tebuireng Diselimuti Duka Jelang Kedatangan Jenazah Gus Sholah

Suasana di Rumah Duka Gus Sholah 

Sebelum berpulang dalam usia 77 tahun, pria lulusan arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998.

Selama menjadi mahasiswa, Gus Sholah juga aktif dalam kegiatan organisasi di antaranya Bendahara Dewan Mahasiswa ITB dan Anggota pengurus Senat Mahasiswa Arsitektur ITB.

Dia terus menjalani kegiatan berorganisasi salah satunya dengan menjadi Dewan Penasihat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di tahun 1995-2005. Sementara pada 2000 Gus Sholah juga Ketua MPP ICMI.

Gus Sholah tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM sejak 2002. Bersama Wiranto, Gus Sholah juga pernah mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004.

Baca Juga: Gus Sholah di Mata Santri dan Pengurus Ponpes Tebuireng 

Pada 2006, Gus Sholah menjadi pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Lalu dia menjadi anggota Dewan Etik Mahkamah Konstitusi dan mengundurkan diri pada 2018 karena sakit.

Saat Gus Sholah masih berstatus mahasiswa, dia menikahi Farida, putri dari mantan Menteri Agama, KH Syaifudin Zuhri. Pasangan ini dikarunia tiga anak, yaitu Irfan Asy'ari Sudirman, Iqbal Billy, dan Arina Saraswati.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini