nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR-Menkes Rapat Kerja Bahas Pencegahan Virus Korona

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 11:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 03 337 2162411 dpr-menkes-rapat-kerja-bahas-pencegahan-virus-korona-dRLAx35gP0.png (Foto: Harits Tryan/Okezone)

JAKARTA - Komisi IX DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto beserta jajarannya, hari ini. Agenda rapat adalah mendengarkan paparan Menkes Terawan terkait pencegahan hingga penyuluhan mengenai virus korona.

“Agenda hari ini adalah yang pertama mendengarkan penjelasan Menkes terkait upaya proaktif dan masif dalam rangka pencegahan penularan, melalui penguatan deteksi di pintu masuk negara, pelabuhan, airport dan perbatasan antarnegara dan koordinasinya dengan kementerian atau lembaga terkait,” ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena saat membuka rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Menkes diminta memaparkan langkah penyuluhan dan soalisasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi virus yang sudah merenggut 361 nyawa itu (data sementara). DPR juga meminta Terawan menjelaskan upaya perlindungan kesehatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di China dan negara lainnya.

(Foto: Harits Tryan/Okezone)

“Penjelasan Kemenkes RI terkait penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat terkait upaya antisipasi terhadap paparan virus korona, gejala terjangkit virus korona dan respons mitigasinya,” imbuh dia.

Selain itu, Terawan juga menjelaskan kepada anggota Komisi IX DPR terkait kesiapan fasilitas rumah sakit mana saja yang akan menangani pasien atau suspek virus korona.

“Kesiapan fasilitas, kesiapan termasuk RS rujukan yang dilengkapi dengan ruang isolasi, tenaga medis, serta tenaga kesehatan yang terlatih untuk penanganan pasien atau suspek virus korona,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini