Ponpes Tebuireng Diselimuti Duka Jelang Kedatangan Jenazah Gus Sholah

Mukhtar Bagus, iNews.id · Senin 03 Februari 2020 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 337 2162403 ponpes-tebuireng-diselimuti-duka-jelang-kedatangan-jenazah-gus-sholah-Ch4fUJeLjx.jpg Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur. (Foto: Mukhtar Bagus/iNews)

JOMBANG – Suasana duka tampak menyelimuti Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, atas meninggalnya KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Para santri dan keluarga mempersiapkan penyambutan jenazah ditemani lantunan ayat Alquran dari pengeras suara.

Karangan bunga ucapan belasungkawa juga sudah tampak memenuhi halaman ponpes. Sementara di gerbang pintu masuk, aparat keamanan sudah berjaga-jaga.

Baca juga: Tunggu Jenazah Gus Sholah, Lantunan Ayat Suci Alquran Berkumandang di Ponpes Tebuireng 

Di dalam ponpes, santri menggelar karpet di Ruang Ndalem Kasepuhan. Di bangunan tersebut, Gus Sholah dan para pengasuh Ponpes Tebuireng selama ini tinggal. Nantinya jenazah disemayamkan di ruangan itu setiba dari Jakarta.

Menurut pengasuh Pesantren Putri Tebuireng, KH Fahmi Amrullah, di ponpes ini Gus Sholah dikenal sebagai pemimpin yang disiplin, tegas, dan rasional.

Baca juga: Gus Sholah Memberi Banyak Perubahan di Ponpes Tebuireng 

"Segala sesuatu harus rasional karena mugkin didasari latar belakang pendidikan Beliau yang insinyur," katanya, Senin (3/2/2020), mengutip dari iNews.

Bagi dia, Gus Sholah pelopor bagi perubahan konsep pengelolaan pesantren yang lebih modern dan visioner.

Sebelumnya duka menyelimuti keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, atas wafatnya KH Salahuddin Wahid pada Minggu 2 Februari 2020 malam sekira pukul 20.55 WIB di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Baca juga: Pesan Gus Sholah: Bangsa Ini Bisa Saling Mendekat dan Saling Berkontribusi 

Kondisi Gus Sholah diketahui terus menurun usai menjalani bedah jantung pada Sabtu 1 Februari 2020. Tim dokter yang merawat Gus Sholah melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke ruang jantung.

Gus Sholah dikabarkan kritis usai menjalani operasi jantung. Operasi dilakukan karena ada masalah di selaput jantungnya. Ia dirawat di RS Jantung Harapan Kita sejak Senin 27 Januari 2020. Kondisi Gus Sholah menurun usai menjalani operasi pada Jumat 31 Januari.

Baca juga: Kenangan UAS Bersama Gus Sholah: Berencana Serahkan Disertasi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini