nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenang Gus Sholah, Menag: Beliau Tidak Pernah Menyinggung Perasaan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 03 337 2162351 kenang-gus-sholah-menag-beliau-tidak-pernah-menyinggung-perasaan-w1TbcEqf30.jpg Menag Fachrul Razi (Foto: Okezone/Dede)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengenang pesan-pesan sejuk yang pernah disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Almarhum KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. Kata Fachrul, perkataan dan pernyataan Gus Sholah semasa hidupnya tidak pernah menyinggung orang lain.

"Beliau selalu menyampaikan pesan-pesan sejuk, tidak pernah menyinggung perasaan orang lain. Dan mudah-mudahan harapan kita ke depan, kita dapat lagi tokoh-tokoh seperti beliau," ujar Fachrul saat melayat ke kediaman Gus Sholah di Jalan Bangka Raya, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Fachrul mengaku sangat kehilangan tokoh agama seperti Gus Sholah. Menurutnya, Gus Sholah seorang tokoh yang sangat luar biasa untuk seluruh agama.

"Ya kita kehilangan seorang tokoh nasional, tokoh agama yang luar biasa, bukan saja untuk agama Islam, tapi untuk semua agama," ucapnya.

Rumah

Baca Juga: Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Gus Solah

Fachrul teringat kesan bersama Gus Sholah ketika Pilpres beberapa tahun lalu. Saat itu, kata Fachrul, Gus Sholah sempat disandingkan dengan Wiranto untuk ikut kontestasi Pemilu.

"Kesan saya waktu sama-sama dengan beliau waktu Pilpres beberapa tahun lalu beliau calon wakilnya Pak Wiranto, saya pada saat itu kumpul cukup lama dan saya tahu sekali bagaimana rendah hatinya, baiknya beliau," ungkapnya.

Sekadar informasi, Gus Sholah menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu, 2 Februari 2020. Ia meninggal karena sakit yang dideritanya. Adik Abdurahman Wahid tersebut akan dimakamkan Tebuireng, Jawa Timur.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini