Lepas Tim Evakuasi WNI di China, Menlu: Ini Adalah Misi yang Sangat Mulia

Isty Maulidya, Okezone · Sabtu 01 Februari 2020 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 337 2161808 lepas-tim-evakuasi-wni-di-china-menlu-ini-adalah-misi-yang-sangat-mulia-dWp0EMRYU7.jpg Tim Evakuasi yang Dikirim untuk Evakuasi WNI di Wuhan, China (foto: Okezone/Isty M)

TANGERANG - Sebanyak 42 orang tim gabungan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Kesehatan, TNI serta unsur lainnya berangkat ke Wuhan, China, dengan menggunakan maskapai Batik Air Airbus A330-300 pada Sabtu, 1 Februari 2020. Keberangkatan tim ini dilepas oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di ruang VIP Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta.

Menlu mengatakan, keberangkatan para relawan ke Wuhan merupakan aksi kemanusiaan. Para relawan ini nantinya akan membantu proses evakuasi WNI yang hendak kembali ke Tanah Air.

Baca Juga: Virus Korona, 250 WNI di China Bergerak ke Bandara Wuhan untuk Evakuasi 

"Ini adalah misi yang sangat mulia yang sekali lagi harus dijalankan dengan penuh kedisiplinan dan saya sekali lagi ingin menyampaikan. Para relawan ini bertugas untuk melakukan penjemputan kepada ratusan WNI yang saat ini akan kembali ke Tanah Air," jelas Retno.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menlu Retno Marsudi dan Menkes Terawan di Bandara Soetta soal Pemulangan WNI dari Wuhan, China (foto: Okezone/Isty M) 

Nantinya akan ada 245 WNI yang akan kembali ke Indonesia, ditambah 5 Tim Aju (edvance) yang sudah lebih dulu berangkat ke China untuk membantu proses pemeriksaan kesehatan bagi WNI agar dapat memastikan sehat dan aman untuk kembali ke Tanah Air

"Mereka akan menjemput sekitar 245 WNI ditambah 5 tim dari kita yang sudah di lapangan sejak kemarin. Sesampainya di sana, semua tim akan menjalani seluruh protokol kedisiplinan dan kesehatan," katanya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia akan mengevakuasi WNI yang masih berada di Cina untuk dipulangkan ke Indonesia. Menteri Kesehatan juga sudah memastikan bahwa WNI yang akan dievakuasi merupakan WNI yang sehat setelah melakukan berbagai pemeriksaan kesahatan di China.

Baca Juga: Natuna Dipilih Jadi Tempat Transit WNI yang Dievakuasi dari Wuhan

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini