Virus Korona, 250 WNI di China Bergerak ke Bandara Wuhan untuk Evakuasi

Isty Maulidya, Okezone · Sabtu 01 Februari 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 337 2161749 virus-korona-250-wni-di-china-bergerak-ke-bandara-wuhan-untuk-evakuasi-vHHTHoJSEV.jpg Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: Okezone)

TANGERANG - Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di China, sejak Sabtu pagi sudah bergerak ke Bandara Wuhan untuk mengikuti proses evakuasi yang dilakukan Pemerintah Indonesia agar bisa kembali ke tanah air.

Para WNI yang akan kembali ke Indonesia sudah dipastikan dalam keadaan sehat, setelah melalui proses pemeriksaan oleh tim kesehatan dari Indonesia di wilayah Hubei.

"Sejak tadi pagi, WNI yang berada di beberapa titik di Provinsi Hubei bergerak menuju (bandara) Wuhan, termasuk (WNI) di Wuhan itu sendiri," kata Menlu Retno Marsudi, saat melepas tim Evakuasi ke Wuhan, di Ruang VIP Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020).

proteksi Petugas di bandara 

Baca juga: Natuna Dipilih Jadi Tempat Transit WNI yang Dievakuasi dari Wuhan

Tercatat, 245 WNI yang berada di China tersebar di lima titik di provinsi Hubei. Kelima kota tersebut adalah Kota Enshi yang jaraknya 542 Kilometer dari Bandara Wuhan, lalu Jingzhou yang berjarak 222 Kilometer, Huang Shi 100 Kilometer, Xianning sejauh 98 Kilometer, dan terakhir dari Wuhan itu sendiri.

Mereka akan dipulangkan hari ini bersama 5 tim pendahulu dari Indonesia yang sudah berangkat ke China untuk membantu proses evakuasi.

"Total ada 245 WNI yang berada di titik tersebut, ditambah 5 orang tim pendahulu yang sudah berada di Wuhan sejak beberapa hari lalu," ujarnya.

Setiba di Indonesia, ratusan WNI dari China tersebut akan terus mendapatkan penanganan kesehatan, mulai di dalam penerbangan hingga mendarat. Tak hanya itu, kru pesawat juga akan ikut mendapatkan penanganan kesehatan setiba di Indonesia.

virus korona 

Baca juga: Virus Korona, RSPI Siap Tangani WNI Asal Wuhan

"Kedisiplinan penanganan protokol kesehatan akan terus diberlakukan. Kedisiplinan ini dilakukan selama perjalanan, tiba, dan paska tiba," terangnya.

Seperti diketahui, sebanyak 245 WNI di Wuhan, China akan dipulangkan kembali ke Indonesia dengan maskapai Batik Air. Setibanya di Indonesia, mereka akan ditempatkan di Natuna untuk mendapatkan penanganan kesehatan lebih lanjut sebelum kembali ke daerah asal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini