4 Fakta Hasil Autopsi Jenazah Mantan Istri Sule Lina Jubaedah

Maulidia, Okezone · Sabtu 01 Februari 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 337 2161660 4-fakta-hasil-autopsi-jenazah-mantan-istri-sule-lina-jubaedah-792suGomRr.jpg Lina Jubaedah (dua dari kanan) berfoto bersama Sule dan dua anaknya (Instagram)

JAKARTA – Polda Jawa Barat mengumumkan hasil autopsi jenazah istri komedian Sule, Lina Jubaedah, Jumat 31 Januari 2020. Hasil ini sekaligus menjawab teka-teki tentang penyebab kematian istri Teddy Pardiyana itu.

Lina Jubaedah meninggal dunia pada Sabtu 4 Januari 2020. Namun, kematiannya dianggap janggal. Putranya Rizky Febian melaporkan ke Polrestabes Bandung, meminta polisi mengusut. Polisi akhirnya mengautopsi mayat Lina.

Kuburan Lina di Sekelimus Utara, Kota Bandung, dibongkar, pada 9 Januari untuk diautopsi. Hasil autopsi oleh dokter forensik diumumkan kemarin.

Berikut fakta-fakta hasil autopsi jenazah Lina Jubaedah:

1. Tidak Ditemukan Racun

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga mengatakan, pemeriksaan hasil toksikologi, tidak menemukan adanya zat beracun dalam tubuh almarhum Lina Jubaedah. Kesimpulannya, kematian Lina Jubaedah bukan karena racun.

 Lina Jubaedah

Lokasi pemakaman Lina Jubaedah (Okezone.com/CDB)

Ia memaparkan pada pemeriksaan organ dalam telah ditemukan adanya gambaran penyakit darah tinggi yang kronis, hipertensi, dan batu pada saluran empedu, serta tukak lambung yang luas. Erlangga menambahkan, pada pembesaran sebagian otot jantung tidak ditemukan tanda serangan jantung lama.

2. Tidak Ditemukan Tanda Kekerasan

Hasil autopsi juga tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada jenazah Lina Jubaedah. "Tidak ada kekerasan dan peristiwanya itu bukan sebagai tindak pidana," ujar Erlangga.

Polisi tidak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan dan kandungan zat racun dari dalam tubuh korban.

 Lina Jubaedah

3. Kematian dianggap wajar

Setelah berhasil mengautopsi jenazah Lina Jubaedah, kemudian adanya pendalaman terkait dari keterangan saksi, dan pemeriksaan barang bukti, polisi menyimpulkan jika kematian Lina Jubaedah adalah wajar akibat penyakit yang ia derita.

Baca juga: Soal Lebam di Tubuh Lina Mantan Istri Sule, Ini Penjelasan Tim Forensik

Dengan diumumkannya hasil autopsi terhadap jenazah Lina Jubaedah, maka kejanggalan dari kematian wanita kelahiran 12 Oktober 1977 dianggap telah usai.

4. Penyelidikan Diberhentikan

Polda Jawa Barat menyatakan penyelidikan kasus kematian Lina Jubaedah resmi dihentikan, karena hasil autopsi yang dilakukan dokter forensik terhadap jenazahnya tak ditemukan adanya tanda kekerasan.

Polisi juga sudah memeriksa 25 orang saksi terdiri dari kerabat, pelapor, serta saksi ahli untuk mendalami kasus kematian Lina, termasuk Rizky Febian sebagai pelapor, dan adik Rizky, Putry Delina Andriany Sutisna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini