Ditahan Imigrasi 45 Hari, Jurnalis Asal Amerika Serikat Bebas

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 01 Februari 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 337 2161648 ditahan-imigrasi-45-hari-jurnalis-asal-amerika-serikat-bebas-fVR8ODedLz.jpg Jurnalis Asal Amerika Serikat Philip Myrer Jacobson (foto: News.mongabay.com)

JAKARTA - Jurnalis asal Amerika Serikat Philip Myrer Jacobson (30) kini bisa menghirup udara bebas setelah 45 hari ditahan Imigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat 31 Januari 2020.

Pihak Imigrasi juga telah menerbitkan surat penghentian penyidikan perkara dalam kasus Philip. Sebelumnya pihak Imigrasi menahan Philip karena diduga menyalahgunakan izin tinggal.

Baca Juga: Jurnalis Amerika Serikat Ditangkap dan Ditahan di Palangkaraya 

Imigrasi sudah mengembalikan paspor dan visa milik Philip. "Kini Philip bisa berkumpul dengan keluarganya di negara asalnya dan benar-benar menghirup udara bebas," ungkap Aryo Nugroho Waluyo, pendamping dari YLBHI-LBH dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/2/2020).

Menurut Aryo, bebasnya Philip tidak lepas dari dukungan dan kepedulian semua pihak. "Kepulangan Philip menambah keyakinan kita bersama bahwa seorang Jurnalis bukanlah penjahat. Seorang Jurnalis adalah mata bagi mereka yang tidak melihat, sebagai telinga kepada mereka yang tidak mendengar, dan menjadi suara bagi mereka yang bisu untuk sebuah kebenaran dan keadilan,” ujar Aryo.

Aryo menambahkan, kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis.

"Sesuai dengan Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 dan Konsiderans Undang-Undang No.40 tahun 1999 tentang Pers. Sudah semestinya Philip bebas, karena memang Philip seorang Jurnalis bukanlah penjahat. Namun solidaritas untuk kebebasan pers tidaklah berhenti dan seharusnya semakin kuat demi sebuah kebenaran dan keadilan bagi rakyat," tegasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini