Jika Benar Luthfi Dianiaya Polisi, Kompolnas Minta Pelakunya Diproses Hukum

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 01 Februari 2020 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 337 2161594 jika-benar-luthfi-dianaiaya-polisi-kompolnas-minta-pelakunya-diproses-hukum-QsIayDLQ7A.jpg Luthfi pembawa bendera merah putih saat demo di DPR jalani sidang perdana (Foto : Okezone.com/Sarah)

JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengapresiasi Kapolri Idham Azis yang dengan cepat membentuk Tim Khusus penyelidikan terhadap pengakuan demonstran pembawa bendera merah putih, Luthfi Alfiandi (20) yang mendapatkan penyiksaan oleh oknum anggota Polisi.

Poengky menilai dalam pembentukan tersebut merupakan sebagai wujud ketegasan Korps Bahayangkara dalam menegakan hukum.

“Saya menganggap hal tersebut adalah bentuk keseriusan Kapolri dalam upaya membuat terang benderang. Tim yang dipimpin Propam akan memeriksa penyidik, saksi-saksi dan bukti-bukti,” katanya kepada Okezone, Sabtu (1/2/2020).

Jika pengakuan Lutfi benar terjadi penganiayaan, kemudian dapat dibuktika dalam pemeriksaan, maka Kompolnas meminta untuk memberikan sanksi tegas terhadap para oknum yang menganiaya Lutfi.

Begitu juga sebaliknya, apabila pengakuan Lutfi hanya karangan belaka, maka Lutfi harus mau menerima konsekuensi hukum. “Jika benar terjadi penyiksaan, maka pelakunya akan diproses hukum. Tetapi sebaliknya jika tidak ditemukan seperti yang dituduhkan, maka akan ada konsekuensi hukum bagi Luthfi,” tutupnya.

Baca Juga : Imigrasi Cegah Virus Korona Menyebar di Festival Cap Go Meh

Baca Juga : Kapolri Tegaskan Sudah Bentuk Tim Selidiki Pengakuan Luthfi

Sebagaimana diketahui, Tim Khusus penyelidikan terhadap pengakuan Lutfi, Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap 16 saksi atas pertiwa tesebut.

Dalam persidangan, Lutfi mengaku dipaksa polisi mengakui melempar batu ke aparat kepolisian. Selain dipukul, Lutfi mengaku disetrum polisi agar mengakui perbuatannya tersebut. (aky)

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini