PKS dan Demokrat Usulkan Pansus Jiwasraya, PPP: Panja Sudah Bekerja

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 31 Januari 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 337 2161196 pks-dan-demokrat-usulkan-pansus-jiwasraya-ppp-panja-sudah-bekerja-FcAVMylqO2.jpg Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi. (Foto : Sindonews)

JAKARTA – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Fraksi Demokrat di DPR mengusulkan panitia khusus (pansus) hak angket dalam kasus asuransi PT Jiwasraya (Persero). Fraksi PPP menolak usulan itu dan tetap ingin pengusutan kasus Jiwasraya melalui panitia kerja (panja) lantaran saat ini sudah bekerja.

“Itu hak mereka mengusulkan dan sesuatu yang lumrah saja bergantung situsasi politik di parlemen. PPP saat ini lebih menggunakan panja sebagai instrumen yang melekat di setiap komisi,” ujar Sekretaris Fraksi PPP, Achmad Baidowi, saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Saat ini Panja terkait Jiwasraya sudah ada berada di tiga komisi DPR, yaitu Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI. Pria yang biasa disapa Awiek mengungkapkan alasan pihaknya memilih panja karena bisa langsung segera bekerja.

Asuransi Jiwasraya. (Foto: Okezone/Dede Kurniawan)

“Kenapa panja? Karena bisa langsung bekerja. Terbukti, panja Komisi VI sudah memanggil menteri BUMN, direksi Jiwasraya, dan mengundang pakar untuk dimintai pendapat,” ucap Awiek.

Sementara, ia melanjutkan, jika kasus dugaan korupsi di asuransi pelat merah itu diusut melalui pansus, bakal membutuhkan waktu lama.

“Sementara jika pansus masih membutuhkan proses politik dan terbukti hingga saat ini pansus aja belum terbentuk. Jadi instrumen yang ada digunakan terlebih dahulu,” tuturnya.


Baca Juga : Fraksi PKS dan Nasdem Bertemu di DPR, Bahas Pansus Angket Jiwasraya

Sebagaimana diketahui, Fraksi PKS dan Fraksi Demokrat sudah mengusulkan agar membentuk pansus hak angket untuk mendalami polemik kasus Jiwasraya.


Baca Juga : Kejagung Periksa 5 Saksi Terkait Kasus Jiwasraya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini