DPR: Bongkar Selebar-lebarnya Skandal Jiwasraya

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 30 Januari 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 337 2160421 dpr-bongkar-selebar-lebarnya-skandal-jiwasraya-8Hnlum2dMI.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Achmad Dimyati Natakusumah meyakini bahwa akan ada tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Jiwasraya. Sejauh ini, Korps Adhyaksa sudah menetapkan lima orang tersangka.

"Menurut saya (akan) lebih banyak, enggak mungkin hanya lima, pasti ada lagi, elite yang diuntungkan pasti ada," katanya saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini melihat kasus Jiwasraya mesti ditangani secara holistik. Pasalnya, kasus yang merugikan negara triliunan rupiah ini sangat sistematis, terstruktur dan massif (TSM).

"Kita berharap terkuak dari hulu ke hilir, siapa yang punya ide gagasan, brokernya siapa, yang diuntungkan siapa, siapa oknum yang melindungi atau membiarkan, buka selebar-lebarnya," tukas Dimyati.

Mantan Wakil Ketua MPR RI ini menjelaskan, Komisi III DPR akan membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk mengusut kasus Jiwasraya. Seluruh fraksi sudah dimintai nama-nama yang akan masuk ke Panja. Namun demikian, Fraksi PKS masih tetap mengusulkan dibentuknya Panitia Khusus (Pansus), tidak sekadar Panja.

"Kita tetap Pansus, tapi kita tetap monitoring," jelas Dimyati.

Kejaksaan Agung (Kejagung) sebelumnya mengisyaratkan akan menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Jiwasraya. Saat ini, Korps Adhyaksa sudah menetapkan lima orang tersangka.

"Iya tadi sudah dijelaskan sedang diproses. Nanti ketika saatnya akan diberitahukan," kata Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono saat dikonfirmasi Okezone, Rabu 29 Januari 2020.

Dalam kasus ini, Kejagung telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah eks Dirut PT Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan, Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Presdir PT TRAM Heru Hidayat, dan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo. (put)

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini