nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Virus Korona, Pimpinan MPR Minta Pemerintah Keluarkan Travel Warning ke China

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 19:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 337 2160275 antisipasi-virus-korona-pimpinan-mpr-minta-pemerintah-keluarkan-travel-warning-ke-china-bJs6qfNoxF.jpg Ahmad Muzani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani meminta kepada pemerintah dapat mengeluarkan travel warning agar tak ada warga negara Indonesia yang pergi ke China. Tujuannya untuk mengantisipasi tertularnya virus korona yang sudah menewaskan 132 orang.

"Travel warning kemarin, saya mengatakan di Wuhan, sekarang sudah tidak lagi di Wuhan. Travel warning ke seluruh negara China," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Menurut Muzani, virus korona ini perlu menjadi perhatian penting. Sehingga dia meminta kepada masyarakat tidak perlu datang ke China jika tidak memiliki agenda penting.

"Kita harus berhati-hati, sangat. Kalau sangat-sangat enggak penting amat, kita enggak usah pergi dulu ke sana," katanya.

Ahmad

Baca Juga: China Marah Benderanya Diubah dengan Partikel Virus Korona

Politisi Gerindra ini mendorong agar pemerintah dapat mengambil tindakan kepada mahasiswa Indonesia yang berada di sana.

"Jadi harus dipikirkan penyelamatannya. Bagaimana dia tersandera berhari-hari sementara yang mereka punya juga sudah menipis, habis, uang habis, persedian habis. Mau beli apa-apa juga enggak ada, jadi di sana seperti itu. Pemerintah harus bertindak cepat," bebernya.

Selain itu, lanjut Muzani, pemerintah juga harus super waspada terhadap persoalan virus korona ini. Karena mobilitas masyarakat berupa turis dan perdagangan yang berasal dari China sangat besar.

"Jadi karena itu, pemerintah harus super hati-hati termasuk mengantisipasi dampak ekonomi karena produksi China, pasti akan turun dalam sekian minggu atau sekian bulan ke depan. Berarti akan mempengaruhi pada perekonomian dunia, mungkin Indonesia," pungkasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini