Hitamkan Logo Imigrasi, Pegawai Sebut Ronny Sompie Orang Baik

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 29 Januari 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 337 2160111 hitamkan-logo-imigrasi-pegawai-sebut-ronny-sompie-orang-baik-2DjGDp1VuC.jpg Sejumlah pegawai mengubah logo imigrasi jadi warna hitam (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonganan Laoly mencopot jabatan Ronny Franky Sompie sebagai Dirjen Imigrasi, pada Selasa, 28 Januari 2020. Jabatan Ronny Sompie digantikan sementara oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham, Jhoni Ginting melalui surat Menkumham Nomor M.HH.KP.04.02-13.

Pencopotan secara mendadak tersebut mendapat respons dari para anak buahnya di Direktorat Jenderal (Ditjen) Keimigrasian. Sejumlah pegawai Imigrasi memasang logo Imigrasi yang sudah dihitamkan di media sosialnya. Menurut Biro Humas Kemenkumham, Ali Nurdin, hal itu dilakukan sebagai bentuk empati.

"(Logo hitam) itu kan rasa empatinya aja, Ronny Sompie terkenal baik, kedua ini kan kita juga abis merayakan ulang tahun Imigrasi tiba-tiba ada kejadian. Empati saja, enggak ada perlawanan," kata Ali Nurdin saat dikonfirmasi, Rabu (29/1/2020).

Ali Nurdin yang juga memasang logo hitam Imigrasi di media sosialnya menyatakan, tindakan para pegawai Imigrasi tersebut hanya sebagai bentuk empati dan bukan perlawanan terhadap keputusan Yasonna.

"Cuma rasa empati saja, seorang pemimpin yang baik harus berganti, namanya juga sistem harus ada yang menggantikannya lagi," katanya.

Ali bercerita tentang sosok Ronny Sompie selama menjabat Dirjen Imigrasi Kemenkumham. Kata Ali, Ronny Sompie merupakan pemimpin yang bekerja dengan sepenuh hati.

Baca Juga : Penarikan Jaksa-Polisi KPK di Tengah Kasus Suap Wahyu Setiawan

"Pak Ronny Sompie seorang pemimpin yang bekerja dengan sepenuh hatinya, tapi kan mungkin ekspetasi pimpinan yang jauh lebih tinggi mungkin tidak seperti itu, tapi, buktinya banyak yang suka sama dia, banyak yang sayang juga anak buahnya sama dia, cuman rasa empatinya saja, ya sudahlah Pak, istirahat saja," beber Ali.

Pencopotan Ronny Sompie sebagai Dirjen Imigrasi diduga kuat buntut dari kesimpangsiuran serta keterlambatan pemrosesan data perlintasan buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku saat masuk ke Indonesia dari Singapura.

Harun Masiku yang sedang diburu oleh KPK diketahui pergi ke Singapura menggunakan maskapai Garuda Indonesia pada 6 Januari 2020 dan telah kembali melalui Bandara Soetta, pada 7 Januari 2020 menggunakan Batik Air. Namun, pihak Kemenkumham baru mengumumkan kedatangan Harun Masiku pada, 22 Januari 2020, atau 15 hari setelah kepulangannya.

Harun Masiku tercatat di perlintasan Imigrasi sudah berada di luar negeri sejak Senin, 6 Januari 2020. Harun pergi ke Singapura bertepatan dua hari sebelum KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan. KPK mengamankan Wahyu Setiawan bersama tujuh orang lainnya pada Rabu, 8 Januari 2020.

Imigrasi memastikan bahwa belum ada data perlintasan Harun kembali ke Indonesia dari Singapura pada 13 Januari 2020. Setelah beredar rekaman CCTV terkait keberadaan Harun Masiku di Bandara Soetta, tak lama Imigrasi membenarkan bahwa Harun sudah berada di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini