Polri Sudah Ajukan Permintaan Audit BPK soal Asabri

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 29 Januari 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 337 2160060 polri-sudah-ajukan-permintaan-audit-bpk-soal-asabri-4XVNPx6oAn.jpg Kapolri Jenderal Idham Azis (Foto: Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis mengungkapkan, Polri telah mengajukan permintaan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait hasil audit PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri).

Permintaan audit itu diminta untuk melakukan pengusutan terhadap adanya dugaan korupsi di PT Asabri. "Kami sudah mengajukan juga permintaan audit melalui BPK, kami akan menunggu rekan-rekan mohon bersabar," kata Idham di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Baca Juga: Usut Kasus Asabri, Mabes Polri Masih Tunggu Hasil Audit BPK

Saat ini, kata Idham, pihaknya juga sedang melakukan proses verifikasi terkait persoalan yang ada di Asabri. Hal itu dilakukan tim yang dikomandoi oleh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit.

"Ya untuk kasus Asabri sekarang tim yang saya bentuk dipimpin langsung oleh Kabareskrim sedang berjalan," ujar Idham.

Namun, menurut Idham, untuk gebrakan konkret dari tim tersebut, tetap harus menunggu hasil audit dari BPK. Apabila telah menerima hasil audit, Polri siap melakukan penyelidikan dugaan rasuah tersebut.

"Untuk nanti hasil audit BPK-nya nanti ditindak lanjuti oleh Kabareskrim," tutur Idham.

Dirut Asabri : Uang Seluruh Peserta Asabri Aman, Tidak Hilang dan Tidak Dikorupsi

Dugaan korupsi yang menyeret nama Asabri mencuat ke publik setelah adanya pernyataan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Ia menyebut, nilai dugaan korupsi di PT Asabri tak kalah besar dengan kasus PT Jiwasraya yakni sebesar Rp10 triliun.

Belakangan, BPK membeberkan potensi kerugian keuangan negara sebesar Rp10 sampai Rp16 triliun terkait dugaan korupsi tersebut. BPK saat ini masih melakukan proses pengumpulan data dan informasi terkait kasus dugaan korupsi di PT Asabri.

Baca Juga: Dugaan Kasus Korupsi di Asabri, Prabowo: Kita Sudah Bentuk Tim Investigasi

Direktur Utama PT Asabri, Sonny Widjaja menyangkal adanya dugaan korupsi di lembaganya. Ia secara tegas membantah semua pemberitaan terkait dugaan korupsi itu. Bahkan, Sonny mengancam akan memperkarakan pihak-pihak yang berbicara tanpa data dan fakta.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini