Jokowi Resmikan Terowongan Nanjung Guna Atasi Banjir Bandung

CDB Yudistira, Okezone · Rabu 29 Januari 2020 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 337 2159928 jokowi-resmikan-terowongan-nanjung-guna-atasi-banjir-bandung-FuL38fEkHv.png Jokowi resmikan Terowongan Nanjung. (Foto: Okezone.com/CDB Yudistira)

BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan dua terowongan air di Curug Jompong Nanjung, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu (29/1/2020). Dua terowongan ini dioperasikan jika terjadi banjir besar di wilayah Cekungan Bandung yang meliputi Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

Namun dalam kondisi normal, dua terowongan tersebut tidak akan dioperasikan, air akan dialirkan melalui aliran biasa melewati Curug Jompong.

"Ini upaya kita dalam rangka mengatasi banjir genangan yang ada di Kabupaten Bandung dan di bawahnya. Jadi program besarnya kita harus selesaikan yang di hulu, itupun belum selesai," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, banjir baru dapat diatasi seluruhnya setelah terowongan Cieunteung di Gede Bage, Andir dan Cisangkuy selesai dibangun.

(Foto: Biro Pers Setpres)

"Sekarang diketahui, dari 490 hektare sekarang yang tergenang, saat ini hanya 80 hektare (yang baru teratasi), memang masih karena beberapa masih proses kolam retensinya, sodetannya masih proses tahun ini, akan kita selesaikan," ucap dia.

Jokowi memastikan proyek terowongan itu akan rampung pada tahun ini. Setelah rampung di bagian hulu, ia menginstruksikan untuk menyelesaikan di bagian hilir.

"Iya tahun ini selesai. Satu-satu dan memerlukan waktu ini kan juga di kerjakan tiga tahunan, nanti menuju ke hilirnya. Enggak bisa dikerjakan di hulunya saja atau hilirnya saja. Semuanya dikerjakan, baik infrastruktur maupun juga berkaitan dengan rehabilitasi lahan reboisasi semuanya," ucap dia.

"Kita berada pada trek yang betul. Sehingga jangan sampai dalam penyelesaian ini, jangan ada yang menghambat proses-prosesnya," ucap Jokowi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini