Komisi III DPR Sayangkan Pencopotan Ronny Sompie dari Dirjen Imigrasi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 29 Januari 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 337 2159919 komisi-iii-dpr-sayangkan-pencopotan-ronny-sompie-dari-dirjen-imigrasi-1lav35hmOC.jpg Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mencopot Ronny Franky Sompie dari jabtannya sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham.

Mengenai hal itu, Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil mengaku prihatin dan menyayangkan Ronny dicopot sebagai Dirjen Imigrasi.

“Ya jadi memang di satu sisi saya sebagai kawan, teman Dirjen (Ronny) prihatin, juga menyayangkan beliau juga dicopot,” kata Nasir saat dihubungi Okezone di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Ronny dicopot dari jabatannya lantaran adanya delay informasi terkait kepulangan tersangka suap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Masiku ke tanah air.

Pihak Imigrasi awalnya mengatakan Harun Masiku berada di luar negeri sejak 6 Januari 2020 atau dua hari sebelum KPK melakukan OTT kepada Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Namun terbaru pihak Imigrasi kemudian mengeluarkan informasi jika Harun sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020. Ronny pun mengakui jika ada delay time terkait data perlintasan.

Politikus PKS ini pun menyarankan, jika Ronny tak menerima pencopotannya sebagai Dirjen Imigrasi oleh Menkum HAM, bisa saja melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Kalau beliau mau mengajukan ke PTUN itu langkah yang baik kalau memang beliau tidak menerima. Tapi kalau beliau menerima ya berarti mengaku ya beliau itu memang menyembunyikan fakta dan informasi gitu loh,” katanya.

Mantan Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny Sompie. (Foto : Dok Okezone)

Nasir mengaku menunggu langkah dan reaksi Ronny apakah menerima terkait pencopotan sebagai Dirjen Imigrasi.

“Jadi kita lihat saja reaksi pak Dirjen (Ronny) apakah beliau melakukan gugatan terkait keputusan itu atau pencopotannya itu atau malah menerima. Kalau menerima berarti memang beliau tentu bertanggung jawab dan diduga menyembunyikan informasi soal kepulangan Harun Masiku ke Indonesia,” ucapnya.

Namun, Nasir mengakui segala Menkumham Yasonna Laoly mempunyai kewenangan untuk mencopot bawahnnya. Apalagi kasus delay informasi ini turut menyita perhatian masyarakat karena kepulangan Harun Masiku ke Tanah Air.


Baca Juga : Ronny Sompie Dicopot, Jhoni Ginting Ditunjuk Jadi Plh Dirjen Imigrasi

“Ya kan memang artinya menteri punya kewenangan untuk mencopot Dirjennya. Dia punya kewenangan untuk itu, apalagi kalau direktorat yang mengurus soal keimigrasian itu tidak valid ya dalam menyampaikan informasi kepada publik. Jadi tentu saja ini cara kementerian untuk mendisiplinkan jajaran di bawahnya,” tutur Nasir.


Baca Juga : Dicopot dari Dirjen Imigrasi, Ronny Sompie Kini Jabat Analis Keimigrasian

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini