Polri Tarik 3 Penyidik dari KPK, 1 Masih Dalam Pengkajian

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 28 Januari 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 337 2159687 polri-tarik-3-penyidik-dari-kpk-1-masih-dalam-pengkajian-KYESIh36R3.jpg Kabag Penum Polri, Kombes Asep Adi Saputra (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Polri membenarkan adanya penarikan penyidik Polri yang bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setidaknya ada tiga orang yang dikembalikan bertugas di Korps Bhayangkara.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra menjelaskan, dari tiga orang itu, dua diantaranya telah resmi ditarik, sementara untuk Kompol Rosa masih dalam pengkajian.

Polri pun tak mengungkap identitas dua penyidik yang 'dipulangkan' ke Mabes Polri.

"Yang dua orang (penyidik) positif sudah dipulangkan," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

 Baca juga: KPK Bakal Hentikan Tunggakan Kasus yang Masih Proses Penyelidikan

Asep menuturkan, khusus untuk penyidik Kompol Rosa masih dalam pengkajian apakah akan ditarik ke Polri. Pasalnya, dalam hal ini, masa tugas Kompol Rosa di KPK masih berlangsung hingga tanggal 23 September 2020.

"Dalam pengkajian. Karena melihat status masa kerjanya masih tanggal 23 September 2020 masih dalam pengkajian," ujar Asep.

 Baca juga: Firli Sebut KPK Sudah Tetapkan 22 Tersangka dan Tahan 12 Orang

Disisi lain, Asep tak merinci secara detail isu pemulangan para penyidik Polri di KPK itu. Menurutnya, penugasan penyidik Polri di KPK, semua berdasar surat perintah dan tentunya juga atas permintaan.

Dalam surat perintah tersebut, kata Asep, penyidik KPK dari Polri ini ada masa kerjanya. "Setelah menunjuk siapa personilnya dan kualifikasinya, lalu ada limitasinya," tutur Asep.

Selain sudah habis masa bakti, penarikan juga bisa dilakukan karena kebutuhan organisasi Polri akan sumber daya manusia.

"Ada yang memang dibutuhkan oleh Polri sebagai penyidik di kepolisian," ujar Asep.

Sekadar diketahui, penarikan penyidik Polri di KPK ramai diperbincangkan. Mengingat, pemulangan itu disinyalir dengan penyidikan kasus suap PAW Wahyu Setiawan dan Harun Masiku.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini