Imigrasi Belum Temukan Wisatawan Asal China yang Teridentifikasi Idap Virus Korona

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 28 Januari 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 337 2159635 imigrasi-belum-temukan-wisatawan-asal-china-yang-teridentifikasi-idap-virus-korona-elTVAlskKa.jpg Dirjen Imigrasi Ronny Franky/Fadel)

JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny Franky Sompie mengatakan, pihaknya belum menemukan wisatawan asal China yang teridentifikasi mengidap virus korona. Oleh sebab itu, hingga saat ini belum ada turis asal Negeri Tirai Bambu itu yang ditolak masuk ke Tanah Air.

"Saat ini belum ada yang kita tangkal atau kita tolak kembali ke negara asalnya, berkaitan dengan hasil identifikasi dari Kemenkes melalui para petugas karantina," kata Ronnie di Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Ia menjelaskan, pihaknya bersama petugas Kementerian Kesehatan bersiaga melakukan penjagaan di setiap pintu masuk negara, baik di bandara maupun pelabuhan.

"Yang berada di setiap pelabuhan bandara dan pos lintas batas internasional ini untuk melakukan identifikasi," ujarnya.

Ronny

Baca Juga: Tak Terpengaruh Isu Korona, Kunjungan Wisatawan asal China ke Bali Naik 14%

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mengecek barang bawaan setiap orang yang masuk ke Indonesia. "Karantina juga lengkap, kesehatan tanaman dan hewan juga ada," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan, pihaknya menerjunkan petugas selama 24 jam di 135 pintu masuk negara untuk mendeteksi wisatawan dari China yang diduga terjangkit virus korona. Namun, ia tak menjelaskan secara detail ihwal jumlah personel yang dikerahkan.

"135 pintu masuk negara kita sudah dijaga 24 jam terus-menerus dan dilaporkan setiap saat kepada Kementerian Kesehatan dan kementerian lembaga terkait," ujarnya di lokasi yang sama.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini