nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Siaga 24 Jam di 135 Pintu Masuk Indonesia Deteksi Virus Korona

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 16:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 337 2159574 petugas-siaga-24-jam-di-135-pintu-masuk-indonesia-deteksi-virus-korona-qJYmKphDqh.jpg Pencegahan virus korona dilakukan petugas di Bandara Adi Soemarmo (Foto : Okezone.com/Bramantyo)

JAKARTA - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya telah menerjunkan petugas selama 24 jam di 135 pintu masuk negara, untuk mendeteksi wisatawan dari Chinauntuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, ia tak menjelaskan secara rinci berapa personel yang dikerahkan.

"135 pintu masuk negara kita sudah dijaga 24 jam terus menerus, dan dilaporkan setiap saat kepada kementerian kesehatan dan kementerian lembaga terkait," ujarnya di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Ia menyebut upaya itu merupakan salah satu langkah dari pihaknya untuk mencegah masuknya wabah penyakit mematikan itu ke Tanah Air.

"Kami tahu bahwa pencegahan yang paling baik buat wabah ini ya mencegah jangan sampai masuk. Kalaupun sudah masuk apa yang harus lakukan? Mendeteksi, nanti baru kita merespons," ujarnya.

Dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tidak panik akan fenomena tersebut. Sebab, bila akhirnya nanti virus korona masuk, orang yang terjangkit pun bisa disembuhkan dengan melakukan karantina dan pengobatan kepada pasien.

"Itu yang kita lakukan dengan penuh kesiagaan tinggi namun tanpa kepanikan. Yang paling penting dan kami terus lakukan juga dengan pedoman," katanya.

Baca Juga : Pulang dari China, Mahasiswa Aceh Dinyatakan Steril dari Virus Korona

Selain itu, masyarakat juga harus selalu memperhatikan kesehatan tubuhnya. Sebab, ketika seseorang yang imunitasnya turun, maka mereka bakal rentan terkena virus korona.

"Karena itu nomor satu menjaga imunitas tubuh itu yang paling penting. Kalau imunitas kita terganggu karena pikiran-pikiran, stress, ya akan turun imunitas kita. Kita kelelahan hebat juga turun imunitas kita," kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini