nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siaga Banjir, BMKG Prediksi Hujan Lebat Terjadi hingga 3 Februari

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 16:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 28 337 2159572 siaga-banjir-bmkg-prediksi-hujan-lebat-terjadi-hingga-3-februari-kjuZatzolT.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat masih berpotensi menguyur sejumlah wilayah di Indonesia periode 28 Januari-3 Februari 2020. Masyarakat diimbau untuk siaga banjir.

"Sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat daya Lampung menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di sebelah barat Sumatera Utara hingga Selatan dan terbentuknya belokan angin di sekitar wilayah Jawa," Deputi Bidang Meteorologi, R. Mulyono R. Prabowo melalui siaran pers, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang Diprediksi Guyur Medan dan Sekitarnya

cuaca ekstrem Foto Okezone

Sementara itu, kondisi labilitas atmosfer cukup signifikan menyebabkan peningkatan massa udara basah di beberapa wilayah Indonesia. Faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian barat. 

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi," ujarnya.

Berikut wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat diserta petir dan kilat:

Periode 28-30 Januari 2020:

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Bengkulu

Jambi

Sumatera Selatan

Lampung

Banten

DKI Jakarta

Jawa Barat

Jawa Tengah

DI Yogyakarta

Jawa Timur

Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah

Sulawesi Selatan

Periode 31 Januari-3 Februari 2020:

 

Sumatera Barat

Jambi

Bengkulu

Sumatera Selatan

Lampung

Banten

DKI Jakarta

Jawa Barat

Jawa Tengah

Jawa Timur

Kalimantan Barat

Kalimantan Utara

Sulawesi Barat

Sulawesi Selatan

Baca Juga: Sempat Banjir 5 Meter, Underpass Kemayoran Kini Sudah Bisa Dilintasi Kendaraan

Untuk daerah yang berstatus siaga banjir atau genangan meliputi daerah Sumatera Barat dan Bengkulu. Bukan hanya banjir, masyarakat juga perlu mewaspadai longsor, dan pohon tumbang.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini