nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Polhukam Minta Aparat Selalu Waspadai Terorisme

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 15:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 28 337 2159558 menko-polhukam-minta-aparat-selalu-waspadai-terorisme-TFQRP3DRvK.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut bahwa kini penegak hukum masih dianggap musuh oleh para pelaku terorisme.

Hal itu disampaikan oleh Mahfud saat berpidato dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

 Baca juga: Polri Gandeng BNPT Cegah ASN Terpapar Terorisme

Oleh sebab itu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengimbau kepada aparat penegak hukum untuk tetap berhati-hati, dan mengantisipasi aktivitas terduga pelaku terorisme.

"Kita harus hati-hati. Serangan terhadap aparat penegak hukum perlu diantisipasi, bahwa aparat penegak hukum masih dianggap sebagai musuh utama oleh para pelaku teror," ucap Mahfud, Selasa (28/1/2020).

Ia mencontohkan, yang mesti waspada utamanya personel BNPT dan Densus 88. "Termasuk TNI militer, tetapi meskipun dalam dalam konsep konstitusi kita militer itu tidak dianggap sebagai penegak hukum. Tetapi dia juga jadi sasaran karena itu juga bagian dari musuh teroris," tambahnya.

 Baca juga: Mahfud MD Sebut Ada 660 WNI Teridentifikasi Teroris Pelintas Batas

Mahfud juga berharap penanggulangan masalah teroris ditingkatkan oleh BNPT, lantaran mengingat saat ini para pelaku telah memanfaatkan teknologi, dan akan membuat mereka semakin tangguh.

"Oleh sebab itu BNPT harus meningkatkan kualitas penanggulangan terorisme melalui pemenuhan SDM yang unggul, kemampuan teknologi informasi yang memadai, serta bersinergi dengan kementerian-lembaga lain dengan pemerintah daerah dan unsur-unsur masyarakat," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini